Membeli Udara Segar di Cina

 

Matamatanews.com, BEIJING – Dengan populasi penduduk dan industri yang sangat tinggi, kebutuhan akan udara bersih semakin sulit didapatkan. Di negara kita, udara bersih masih dapat dinikmati tanpa harus membayar. Sebab, di Cina, udara segar diperjualbelikan. Tidak GRATIS! Pekan lalu sebuah pusat perbelanjaan di Xi’an, ibukota Shaanxi, Cina, udara segar dijual seharga 1 yuan, setara dengan Rp 2.000.

Selain harus mengeluarkan uang, para pengunjung mal tersebut juga harus antre untuk mendapatkan 1 kantong udara segar. Salah satu petugas toko mengatakan, penjualan udara segar ini bertujuan untuk menarik perhatian publik terhadap lingkungan.

Di Cina, udara saat ini dianggap sangat tidak aman, karena mengandung kadar polutan PM2,5 yang tinggi. Di lingkungan luar, kadar polutannya mencapai 65 mikrogram per meter kubik, atau di atas standar aman yang ditetapkan WHO, yakni 25 mikrogram per meter kubik. Perlu diketahui, kadar polutan PM2.5 disebut-sebut sebagai pembunuh ketiga di kota tersebut setelah diabetes dan tekanan darah tinggi. [Did/Berbagai Sumber]

 

sam

No comment

Leave a Response