Media Sosial Harus Punya Data Center di Iran?

 

Matamatanews.Com-JAKARTA—Media chatting WhatsApp dan telegram yang terkenal dengan keamanannya mendapat perintah dari Iran untuk segera memindahkan data center  pengguna whatsApp Iran  ke dalam negeri. Hal itu dilakukan  agar pemerintah dapat mengendalikan akses yang dilakukan warga negaranya, terutama yang berada di luar negeri.

Seperti diketahui Iran dikenal  sebagai salah satu negara yang ketat dalam menerapkan pengendalian berbagai akses penggunaan internet maupun media sosial.Dengan alasan privasi dan keamanan, pemerintah Iran memberikan batas waktu bagi WhatsApp  dan telegram untuk segera memindahkan servernya ke dalam negeri.

Bahkan melalui regulasi  Supreme Council  of Cyberspace ,Iran mengatakan bahwa Perusahaan asing penyedia layanan media sosial di Iran harus memindahkan semua data dan segala aktvitas yang berhubungan dengan warga negara Iran kedalam server negaranya. Mereka diberikan batss satu tahun untuk memindahkannya.

Mayoritas pengguna internet di Iran menolak regulasi tersebut, karena dianggap tidak memenuhi rasa keadilan.Mereka khawatir,regulasi tersebut akan menimbulkan rasa takut dan tidak nyaman,terutama bagi pengguna internet. “Tetapi kami setuju bila alasannya untuk mengawasi dan memberangus penyebaran konten porno. Tetapi kalau untuk mengawasi pemakai internet,rasanya itu berlebihan dan kami tidak setuju,” papar salalah pengguna internet,Ahdar Mulkan.(Andro DP)

 

 

sam

No comment

Leave a Response