Matamatanews.com Beranjangsana Ke Kesbangpolinmas Banjarnegara

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA—Dalam rangka mempererat tali silaturrahmi di lingkungan pemerintahan, Matamatanews.com melakukan anjangsana ke Kesbangpolinmas Banjarnegara, Jawa Tengah,Kamis (19/12/19) kemarin.Seperti diketahui dalam Undang-Undang Pers No.40 Tahun 1999 menyatakan bahwa pers merupakan lembaga sosial serta wahana komunikasi massa. Pers melaksanakan kegiatan jurnalistik, dan berperan sebagai media informasi yang memiliki fungsi pendidikan, hiburan, serta kontrol sosial. Sebagai media informasi, pers mempunyai tanggung jawab untuk menyebarluaskan informasi positif yang mendukung kemajuan masyarakat.

Sebagai media pendidikan, pers bertanggung jawab untuk menyampaikan fakta secara objektif dan selektif, sehingga dapat menyeimbangkan arus informasi. Sebagai media hiburan, pers bertanggung jawab untuk memberikan hiburan yang bersifat netral dan mendidik, serta tidak melanggar norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.

Sebagai kontrol sosial pers juga harus bersinergi dengan berbagai macam Ormas/LSM. Dalam kaitan kunjungan ke Kesbangpolinmas, Matamatanews.com meminta arahan terkait Ormas/LSM yang ada di Banjarnegara. Ada beberapa hal yang di sampaikan oleh pimpinan Kesbangpolinmas, salah satunya adalah pendaftaran Ormas/LSM. 

Menurut Kasi Politik Dalam Negeri Kesbangpolinmas Slamet Djaka Rahardja, SH menuturkan, Surat Keterangan Terdaftar (SKT) saat sekarang satu pintu, yang mengeluarkan langsung dari Kesbangpolinmas pusat, diteruskan ke Kemendagri. 

"Intinya, ormas yang ada di daerah itu hanya mencatatkan di Kesbangpolinmas di daerah. Setiap Ormas/LSM yang sudah mempunyai SKT dari pusat ataupun kemenkumham tidak perlu lagi mendaftarkan, jadi mereka hanya melaporkan keberadaanya di Kesbangpolinmas saja, ” kata Djaka pada Matamatanews.com.Tambahnya, dulu banyak ormas yang terdaftar, setelah di validasi ulang ternyata mereka banyak yang tidak ada keberadaannya dan tidak bisa dihubungi. 

"Sekarang hanya 62 yang terdaftar di Kesbangpolinmas Banjarnegara, " imbuhnya.

Matamatanews.com cukup puas dengan informasi yang diberikan Kasi Politik Dalam Negeri Kesbangpolinmas Banjarnegara tersebut, walaupun kami diburu waktu dengan kegiatan di luar kami masing masing. *(Nusa/Jofi)

 

redaksi

No comment

Leave a Response