Masyarakat Banjarnegara Peringati Hari Jadi Ke 450 Tahun Secara Live Streaming

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA—Sejak disosialisasikan di tahun 2019, hari jadi kabupaten Banjarnegara berganti dari tanggal 22 Agustus 1831 menjadi 26 Februari 1571. Banyak sejarah yang menceritakan tentang cikal bakal berdirinya Kabupaten Banjarnegara ini.

Sejarah singkatnya adalah saat Sultan Pajang memerintahkan Jaka Kaiman agar menggantikan kedudukan Adipati Wargautama 1 atau mendapat mandat sebagai Adipati Wirasaba di tanggal 22 Februari 1571. Saat acara halal bihalal di Kasultanan Pajang, Jaka Kaiman menyampaikan perihal keinginannya membagi Wirasaba Menjadi 4 Bagian. Ke empat wilayah itu meliputi Wilayah Banjar Petambakan diserahkan kepada Kyai Ngabei Wirayuda, Wilayah Merden diberikan kepada Kyai Ngabei Wirakusuma, Wilayah Wirasaba diberikan kepada Kyai Ngabei Wargawijaya, Wilayah Kejawar dikuasai dirinya sendiri dan kesemuanya disepakati oleh Sultan Pajang.

Inilah yang menjadikan awal berdirinya Kadipaten Banjar Petambakan di Tahun 1571M dan menjadi Cikal Bakal Berdirinya Kabupaten Banjarnegara. Para budayawan dan pemerhati sejarah Banjarnegara menganggap tahun itu lebih nasionalis dijadikan Hari Jadi Banjarnegara, karena pemberian Status Kabupaten Banjarnegara di tahun 1831 adalah kebijakan Belanda dan dianggap kurang nasionalis.

26 Februari 2021 merupakan Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara ke 450 Tahun, mengangkat tema “Dengan Spirit 450 Tahun Hari Jadi Banjarnegara, Kerja Semangat, Ekonomi Meningkat, Keluarga Sehat Bahagia, Menuju Banjarnegara Bermartabat dan Sejahtera”

Di saat Pandemi Covid-19 yang belum berakhir, masyarakat Banjarnegara tak lagi berbondong-bondong menuju jantung kota seperti tahun-tahun sebelumnya untuk menyaksikan dan meramaikan Hari Jadi Kota tercintanya. Tahun ini diselenggarakan secara live streaming melalui channel youtube Banjarnegara Kab. “Doa Bersama Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara ke 450 Tahun”. 

Praka Anggun adalah salah seorang warga Banjarnegara yang menyaksikan live streaming saat dirinya bertugas di FPC XXVI-M2 UNIFIL LEBANON. Putra asli Banjarnegara ini berharap dalam Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara Ke 450, Kabupaten Banjarnegara menjadi kabupaten yang damai, makmur dan semakin dicintai masyarakat Banjarnegara khususnya dan dikenal di Indonesia.

Berbeda dengan Satria, ia berharap  Pemerintah Daerah dan Instansi lainnya dapat terus bersinergi di berbagai program pemerintah yang berkelanjutan. Salah satunya menurut Satria adalah Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap. Pada tahun-tahun sebelumnya program ini selalu diusik oleh LSM yang mengatasnamakan warga, ujung ujungnya terjadi pemerasan kepada panitia desa, sehingga banyak pekerjaan yang tidak memenuhi target.

“Semoga Kabupaten Banjarnegara, Semakin Bermartabat dan Sejahtera Rakyatnya," kata Satria penuh harap.(Nusa)

redaksi

No comment

Leave a Response