Masjid Agung Baitussalam Purwokerto Tiadakan Shalat Idul Fitri

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO -Masjid Agung Baitussalam (MAB) Purwokerto secara resmi memutuskan tak menggelar Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah secara berjamaah. Keputusan tersebut diambil mengingat situasi saat ini masih pandemi virus corona (Covid-19). Humas Masjid Agung Ir.H.Alief Einstein,M.Hum. menyatakan keputusan itu sudah diambil oleh Ketua Takmir  MAB Dr.H.Muh.Hizbul Muflihin,M.Pd. Namun demikian, Takmir Masjid Agung tetap melatunkan takbir yang dihadiri oleh beberapa orang saja dimulai hari Sabtu (24/05/2020) setelah Maghrib hingga pukul 21.30.

Dr.H.Hizbul yang juga Dosen IAIN Purwokerto pun mengingatkan dalam menyemarakkan Hari Raya Idul Fitri ini umat Islam agar dapat beribadah dan salat Id di rumah saja, bersabar dengan kondisi saat ini.

Sementara Einstein menambahkan, selama Ramadhan tahun 2020 ini, Masjid Agung juga resmi meniadakan berbagai kegiatan rutin selama bulan Ramadan, seperti salat tarawih, buka bersama, iktikaf, dan tausiah.

Menurut Einstein, keputusan tidak menyelenggarakan kegiatan rutin tersebut diambil untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 ketika masyarakat beribadah di Masjid Agung.Selama penutupan tersebut, lanjut Einstein, tidak ada masyarakat yang berkunjung dan melaksanakan kegiatan ibadah di Masjid Agung.

Lanjut Hizbul yang juga Tim WASLITEV PW PTKI pada Kementerian Agama RI ini menjelaskan bahwa Keputusan Takmir Masjid Agung tersebut juga atas dasar pertimbangan imbauan Majelis Ulama Indonesia untuk menghentikan sementara kegiatan keagamaan di tempat ibadah di tengah pandemi Covid-19. 

"Tak hanya MUI, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah turut mengeluarkan Surat Edaran berkenaan dengan 'Tuntunan Salat Idul Fitri Dalam Kondisi Darurat Pandemi Covid-19, " kata Dr.H.Hizbul.

Sekretaris LPM IAIN Purwokerto ini menambahkan data sementara perolehan Masjid Agung untuk zakat fitrah sebanyak 472 bungkus @ 3 kg dan zakat mal 33.000.000 rupiah. (hen/berbagai sumber)

redaksi

No comment

Leave a Response