Masjid Agung Baitussalam Gelar Tasmi' Al-Qur'an

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO -Membaca, mempelajari, mendengarkan, dan mengamalkan Al-Qur'an akan mendapatkan pahala. Salah satu amalan terbaik yang ingin diraih semua umat Islam adalah kemampuan menghafal Al-Qur'an. 

"Sebaik-baik kalian adalah yang menghafalkan Al-Qur'an dan mengamalkannya. Banyak keutamaan yang bisa diperoleh, apabila seseorang menjadi penghafal Al-Qur'an, selain kelak di dalam surga akan diberikan derajat yang tinggi. Penghafal Al-Qur'an juga dapat memberikan mahkota di Surga untuk orang tua, terbebas dari siksa dan masih banyak lagi," ujar Humas Masjid Agung Baitussalam, Purwokerto Ir.H.Alief Einstein,M.Hum.kepada Matamatanews.com 

Bertempat di Masjid Agung Baitussalam, Purwokerto pada hari Sabtu (04 Maret 2023) mulai pukul 20.00 sampai 24.00 Takmir Masjid Agung Baitussalam melaksanakan Tasmi' Al-Qur'an. Kemudian para peserta mabit (bermalam) di masjid, selanjutnya sekitar pukul 03.00 Minggu (05 Maret 2023) peserta bangun untuk Shalat Tahajud. 

"30 orang yang menjadi peserta Tasmi' Al-Qur'an kali ini adalah jamaah Masjid Agung yang ikut hafalan Al-Qur'an," ungkap Ketua Bidang Da'wah, Ibadah, dan Kajian Masjid Agung Baitussalam Serma Purnawirawan H.Sudarman,S.Ag.

"Tasmi' Al-Qur'an yakni ada satu orang yang membaca hafalan Al-Qur'an tanpa melihat mushaf, kemudian didengarkan langsung oleh ustadz atau teman sambil menyimak dengan melihat Qur'an dan mengoreksi jika ada bacaan salah," kata Ketua Takmir Masjid Agung Baitussalam Dr.Drs.Muh.Hizbul Muflihin,BA.,M.Pd. yang juga dosen UIN (Universitas Islam Negeri) Prof.KH.Saifuddin Zuhri, Purwokerto.

"Kegiatan Tasmi' Al-Qur'an peserta membacakan semua hafalannya yang di dengar langsung oleh imam besar Masjid Agung Baitussalam Ustadz Masnun Alim Al Hafid yaitu ustadz yang mengajar Hafalan Al-Qur'an di Masjid Agung dan disaksikan langsung oleh seluruh peserta Tasmi' Al-Qur'an serta Takmir Masjid Agung yang turut hadir pada kegiatan tersebut,"jelas H.Sudarman.

H.Einstein menambahkan Tasmi' Al-Qur'an bertujuan untuk menilai kemampuan menghafal, memperkuat hafalan, menjaga kualitas hafalan, dan menjadi pendorong semangat bagi jamaah masjid lainnya. Kegiatan Tasmi' juga sebagai sarana melatih mental saat didengarkan oleh banyak orang, sehingga terbiasa tampil di depan umum.

H.Einstein berharap, kegiatan Tasmi' Al-Qur'an ini dapat terus berlanjut demi mempertahankan kualitas dan kuantitas hafalan yang dimiliki oleh jamaah Masjid Agung.(hen)

 

redaksi

No comment

Leave a Response