Mantan Presiden Mahasiswa Peternakan Unsoed Luncurkan Buku Pertamanya

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO -Kabar gembira kembali hadir dari salah satu alumni Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto Farid Dimyati,S.Pt. yang baru saja merilis buku pertamanya. Farid Dimyati, si penulis buku berujar bahwa hadirnya buku berjudul Industri Perunggasan Nasional dan Problematiknya merupakan "kumpulan opininya" saat bekerja sebagai Pemimpin Redaksi di majalah Poultry Indonesia.

Farid berharap tulisan-tulisan yang disusun menjadi sebuah buku tersebut akan lebih bermanfaat bagi kalangan luas, tidak hanya untuk masyarakat perunggasan nasional semata.

Farid yang pernah menjabat sebagai presiden mahasiswa pada zamannya itu menambahkan, dalam satu dasawarsa terakhir, kemajuan industri perunggasan di tanah air terjadi begitu cepat. Salah satunya katanya, ditopang dengan adanya pertumbuhan ekonomi nasional yang terbilang cukup baik. 

"Peningkatan jumlah produksi maupun konsumsi daging dan telur unggas juga menjadi satu indikator bahwa secara umum kondisi perunggasan di Indonesia masih terus tumbuh," katanya, Minggu (2/1/2022).

Meskipun begitu kata Farid Dimyati, industri perunggasan nasional senantiasa disibukkan dengan berbagai problematik yang tak kunjung rampung untuk diselesaikan seperti kelebihan populasi (over supply), ketergantungan akan impor bahan pakan, masalah data jagung, maupun perdebatan lama mengenai sistem beternak secara integrasi maupun mandiri.

“Saya mencoba mengurai masalah-masalah itu melalui tulisan berdasarkan perspektif seorang jurnalis. Semoga pemikiran-pemikiran yang ada di buku ini turut membantu pemerintah maupun stakeholder terkait dalam menyelesaikan problematik yang ada di perunggasan tanah air ini,” tutup alumni Fakultas Peternakan Unsoed angkatan tahun 2009 ini. (hen)

redaksi

No comment

Leave a Response