Mantan Legislator Rusia Tewas Ditembak

 

Matamatanews.com, KIEV – Seorang mantan legislator Rusia, Denis Voronenkov tewas di tembak di Ukraina pada hari Kamis (23/3/2017). Menurut pejabat setempat, Denis ditembak pada siang hari di luar sebuah hotel.

Seperti yang dilansir CNN, sebelumnya sejumlah pengkritik Presiden Rusia Vladimir Putin telah tewas secara misterius. Selain itu, menurut CNN pelaku penembakan tersebut juga tewas akibat baku tembak dengan pengawal Denis.

Melalui akun twitternya, Presiden Ukraina Petro Poroshenko mengatakan bahwa pembunuhan ini merupakan sebuah aksi terorisme pemerintah Rusia. Selain itu, Petro menyebutkan Denis merupakan salah satu saksi kunci dalam agresi ke Ukraina.

Hal tersebut mengacu pada aksi aneksasi Crimea yang dilakukan pada tahun 2014 silam dan peperangan yang terus berlangsung melawan para pemberontak.

Menurut kantor berita TASS, juru bicara Putin, Dmitry Peskov mengatakan bahwa tudingan Petro memicu penolakan keras dari Moskow, klaim apapun yang menyebutkan keterkaitan Rusia dengan pembunuhan tersebut ialah absurd.

Seperti yang diketahui, sebelumnya Denis melakukan pengecaman terhadap aneksasi Crimea dan mengatakan bahwa dirinya telah bekerjasama dengan jaksa Ukraina terkait kasus penghianatan terhadap mantan Presiden Ukraina yang pro-Rusia, Viktor Yanukovych.

Sementara itu, Jaksa Agung Ukraina Yuriy Lutsenko mengatakan mungkin kesaksian Denis yang menyebabkan pembunuhan terhadap dirinya. Korban telah memberikan kesaksian yang sangat penting kepada kantor kejaksaan militer.(Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response