Malaysia Berencana Hentikan Kebijakan Bebas Visa Untuk Warga Korut

 

Matamatanews.com, KUALA LUMPUR – Di tengah meningkatnya ketegangan antara Malaysia dan Korea Utara pasca kasus tewasnya Kim Jong-nam yang diduga diracun di terminal keberangakatan bandara Kuala Lumpur pada 13 februari lalu.

Malaysia berencana menghentikan kebijakan bebas visa bagi warga Korea Utara terhitung mulai 6 Maret 2017 mendatang. Wakil Perdana Menteri Malaysia, Ahmad Zahid Hamidi mengatakan keputusan ini diambil atas dasar keamanan.

Seperti dilansir Reuters Kamis (02/03/2017), Malaysia merupakan salah satu negara yang membebaskan warga Korut masuk ke wilayahnya tanpa visa dan menjadikan Malaysia satu-satunya negara yang mendapatkan akses bebas visa ke Korut. Namun, hubungan diplomatik kedua negara rusak setelah kasus tewasnya Kim Jong-nam.

Sebelumnya, Korut meminta Malaysia untuk tidak mengautopsi dan segera mengembalikan jasad Jong-nam. Karena permintaan itu tidak kunjung dipenuhi, Duta Besar Korut untuk Malaysia melayangkan tudingan bahwa Malaysia berbohong dan berkolusi dengan negara asing.

Geram mendengar tudingan tersebut, Malaysia pun menarik dubesnya dari Pyongyang. Dan permintaan itu menguatkan spekulasi bahwa Korut merupakan dalang di balik kematian Jong-nam yang sering menguak kekejaman rezim keluarganya setelah hidup mengasing di Macau, China. (Adith/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response