Mahasiswa Unsoed Gelar Penyuluhan Covid-19 dan Protokol Kesehatan Melalui Komik Pintar

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO -Penularan Covid-19 masih mengintai dan penyakit yang disebabkan virus itu diperkirakan akan bertahan lama. Karena itu, masyarakat diharapkan bisa hidup berdampingan dengan Covid-19. Varian Delta masih mendominasi penyebab Covid-19, namun penularan varian ini bisa dicegah dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

Salah satu dampak pandemi di dunia pendidikan adalah diterapkannya metode pembelajaran jarak jauh (PJJ). Metode ini membuat siswa tidak dapat bertemu dengan guru dan teman-temannya. 

"Berkaca dari hal itu, aplikasi Kopinaru (komik pintar normal baru) diharapkan bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan meski di rumah," ungkap Koordinator Sistem Informasi Unsoed Ir.Alief Einstein,M.Hum. saat menerima pemaparan akhir dari Dosen Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Pertanian Unsoed Afik Hardanto,S.TP., M.Sc.,PhD. pada hari Selasa (2/9/2021).

Afik Hardanto, Alumni S3 dari Goettingen University, Jerman ini menguraikan bahwa kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia yang tidak juga mereda, membuat pemerintah dan berbagai lapisan masyarakat berusaha dengan cara masing-masing untuk menekan angka penyebarannya. 

Demikian pula dengan Mahasiswa Unsoed dari berbagai fakultas juga mempunyai cara yakni menggunakan teknologi berbasis aplikasi yang berisi komik pintar interaktif yang dinamakan Kopinaru. Aplikasi ini disusun secara mandiri sebagai alat penyuluhan persiapan adaptasi new normal untuk menekan angka penyebaran Covid-19 dan persiapan peralihan sistem pembelajaran online ke offline terhadap siswa SD/sederajat. Salah satu contoh adalah terhadap siswa-siswa SD Nurul Fatimah di Kabupaten Bogor. 

Aplikasi ini berisi komik pintar interaktif dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang dilengkapi dengan suara yang memudahkan siswa untuk memahami isi komik dan berlatih prononsiasi kata secara baik. Selain itu, aplikasi kopinaru dilengkapi juga dengan game edukatif yang menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Menurut Afik Hardanto yang juga anggota Persatuan Insinyur Indonesia, bahwa kegiatan ini dilakukan oleh tim PKM-PM Unsoed yang berhasil lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) dari Dirjen Belmawa, DitJen Dikti Kemendikbudristek tahun 2021. Para mahasiswa itu adalah Faizzah Kahfi Putri mahasiswa Agroteknologi Fakultas Pertanian angkatan 2020 sebagai ketua tim dan Gendis Ariesta Pragita Putri mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Teknik angkatan 2019, Ummi Rofiqoh mahasiswa Agroteknologi Fakultas Pertanian angkatan 2019, Rafika Nur Syahidah mahasiswa Agroteknologi Fakultas Pertanian angkatan 2020, Naila Asykar mahasiswa Fakultas Peternakan angkatan 2020 sebagai anggota, bersama dosen Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Pertanian Unsoed Dr.Afik Hardanto,S.TP.,M.Sc.Ph.D. sebagai dosen pembimbing. 

Penyuluhan ini dilakukan terhadap 82 siswa-siswa kelas 4 dan 5 SD Nurul Fatimah yang berlokasi di Jalan Raya Narogong-Bekasi Km.14, Limus Nunggal, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor Prov. Jawa Barat. Penyuluhan dilakukan dengan konsep blended yaitu kombinasi antara kegiatan offline, online, dan virtual digital menggunakan media zoom. 

Kegiatan diawali dengan penyebaran kuisioner untuk mengetahui tingkatan pemahaman siswa terhadap Covid-19 dan protokol kesehatan. Pelaksanaan penyuluhan dilakukan pada tanggal 30 - 31 Agustus 2021 dengan susunan acara pembukaan, inti acara yang diisi dengan pemberian materi melalui aplikasi sekaligus untuk memperkenalkan komik, praktek cuci tangan, kegiatan mewarnai, dan menanam tomat sebagai salah satu kegiatan yang mendukung gerakan "dirumahaja". 

Acara ditutup dengan "nonton bareng" video tentang virus corona, testimoni aplikasi oleh para siswa dan kepala sekolah, game edukatif, serta doa bersama. Sebagai bentuk evaluasi atas pemahaman peserta maka pada akhir sesi akan kembali disebarkan kuisioner bagi peserta. Kemudian, dilakukan dengan pemberian kenang-kenangan berupa masker bergambar karakter yang ada di komik secara simbolis dan foto bersama sebagai bukti dokumentasi. 

Dengan selesainya acara, maka diharapkan para siswa dapat memahami dan menerapkan protokol kesehatan sebagai pedoman bagi siswa agar lebih siap untuk menjalani kehidupan tatanan normal baru dan tentunya dapat meminimalisir angka penyebaran Covid-19.

Afik Hardanto menambahkan bahwa aplikasi bisa diunduh melalui link berikut: https://bit.ly/Aplikasi_Kopinaru_PKM_PM_Unsoed.

redaksi

No comment

Leave a Response