Macam-Macam Manfaat Telur Jika Dikonsumsi Rutin

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Telur merupakan bahan makanan hewani yang dapat dikonsumsi selain daging, susu dan ikan. Jika dikonsumsi secara rutin telur dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Para ahli gizi mengatakan telur ialah salah satu makanan padat nutrisi, kandungan nutrisi telur utuh mengandung lebih dari 90 persen kalsium serta zat besi yang terkandung dalam kuning telur. Satu butir telur mengandung 6 gram protein berkualitas tinggi dan 9 asam amino esensial.

Konsumsi telur secara rutin juga dapat mencegah stroke. Menurut sebuah studi menunjukan bahwa mengkonsumsi satu butir telur setiap harinya dapat mencegah stroke hingga 12 persen. Dan berdasarkan penelitian, telur juga mampu menurunkan resiko jantung karena kandungan nutrisi dalam telur dapat mencegah serta menurunkan resiko stroke dengan baik.

Sebutir telur berukuran besar mengandung 6 gram protein berkualitas tinggi, antioksidan lutein dan zeaxanthin terdapat pada kuning telur. Selain itu, telur mengandung vitamin E,D dan A.

Menurut peneliti asal Epidstat Institute Michigan, Amerika Serikat, Dominika Alexander menyatakan telur memiliki banyak atribut gizi yang positif termasuk antioksidan yang telah terbukti dapat mengurangi stress oksidatif dan peradangan. Telur juga merupakan sumber protein baik yang dapat menurunkan tekanan darah.

Vitamin E yang ditemukan pada telur dapat mengurangi risko serangan jantung di masa depan. Sementara, lutein dapat membantu melindungi dari penyumbatan arteri pada orang dengan penyakit jantung.

Beberapa manfaat lain dari telur, di antaranya :

1. Mengurangi berat badan. Sebuah penelitian di Rochester Center For Obesity Research menemukan  bahwa makan telur saat sarapan membantu membatasi asupan kalori sepanjang hari lebih dari 400 kalori. Itu berarti kamu mampu menghilangkan tiga kilogram lebih per bulan.

2. Mendapatkan mineral esensial. Kandungan nutrisi telur dikemas dengan zat besi, zinc dan mineral fosfor yang penting bagi tubuh. Wanita membutuhkan banyak zat besi akibat mengalami menstruasi. Zinc menjaga sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Fosfor sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Sebagai tambahan bonus, dalam kandungan nutrisi telur ada beberapa unsur mineral dalam jumlah kecil yang kamu butuhkan seperti yodium yang diperlukan untuk membuat hormon tiroid, selenium dan antioksidan yang membantu mengurangi resiko kanker.

3. Mencegah berbagai jenis kanker terutama kanker payudara. Penelitian oleh Universitas Harvard pada tahun 2003 menemukan bahwa mengkonsumsi telur membantu mencegah kanker payudara. Pada tahun 2005, penelitian lain menunjukkan bahwa wanita yang makan setidaknya enam butir telur per minggu memiliki resiko 44 persen lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan dengan wanita yang mengkonsumsi lebih sedikit telur setiap minggu. Selain itu, mengkombinasikan telur dengan campuran sayuran segar dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap antioksidan seperti karotenoid. (Adith/Berbagai Sumber)

sam

No comment

Leave a Response