M16 Tuding ISIS Berencana Serang Inggris dan Sekutu

 

Matamatanews.com, LONDON –Inteljen Inggris menuding kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) merencanakan serangan terhadap Inggris dan sekutunya dengan memanfaatkan kekacauan yang dipicu militer Rusia di Suriah.

Seperti laporan yang dilansir Reuters, Jum’at (9/12/2016) Direktur Badan Intelijen Asing Inggris, M16, Alex Younger dalam pidato publik pertamanya yang terbilang langka itu menyebutkan bahwa Rusia dan Suriah sengaja menghambat kekalahan ISIS dengan membuat kekacauan di Suriah.

“Saat saya berbicara, struktur yang merencanakan serangan eksternal matang dalam tubuh ISIS, bahkan saat mereka menghadapi ancaman militer, tengah menyusun berbagai rencana untuk melakukan serangan terhadap Inggris dan sekutu-sekutu kita tanpa harus keluar dari Suriah,” ungkap Younger di markas M16, London.

Ia menyatakan intervensi Presiden Vladimir Putin untuk mendukung Presiden Bashar al-Assad ialah permainan taktik antara  Rusia dengan minoritas Alawites yang mendominasi rezim Suriah.

“Dengan menyebut siapa saja yang menentang pemerintahan yang brutal sebagai teroris, mereka justru menghilangkan kelompok yang seharusnya ada jika bisa mengalahkan kelompok ekstrimis,” ujar Younger, dikutip CNNIndonesia.com.

Younger menyebut inggris kini menghadapi ancaman terorisme yang belum pernah terjadi sebelumnya. Menurutnya konflik Suriah sebagai ancaman terbesar bagi Inggris. Sejak 2013 Inggris sedikitnya telah mengagalkan 12 rencana serangan teror. (Adith/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response