Lokasi Kanker Dapat Diketahui Dengan Tes Darah

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Para peneliti sedang mengembangkan sebuah tes darah yang dapat mengetahui seseorang terkena kanker dan juga dimana lokasi kanker tersebut.

Para peneliti dari University of California di San Diego berhasil menemukan petunjuk baru terkait penggunaan jejak DNA organ khusus yang mengarah kepada organ tertentu yang terkena kanker.

Tes ini sangat berguna pagi pasien yang diduga mengidap kanker, sehingga pasien tidak perlu lagi melakukan tes diagnosa yang prosesnya menyiksa saat menemukan kanker tersebut.

Kun Zhang yang merupakan Profesor bioengineering UC di San Diego mengatakan, “Ketika kita melakukan pemeriksaan dini pada orang-orang sehat, ketika kita mengambil darah yang kemudian melakukan tes dan mendapati kanker, itu belum cukup. Karena kita tidak mengetahui apa yang harus dilakukan kemudian, kami mengembangkan metode dimana kita bisa mengatakan apakah ada kanker yang berkembang di tubuh kita, jika ya kita juga bisa mengetahui dimana letak kanker tersebut”.

Tes tersebut dilakukan untuk memeriksa jejak DNA yang disebut dengan CpG methylation haplotype yang unik pada setiap jaringan dalam tubuh.

Jejak haplotype yang diketahui pada tes darah dapat membantu dokter untuk mengetahui sel-sel mana saja yang dihancurkan dan organ mana yang sedang diserang oleh kanker.

Para peneliti sendiri membuat database yang lengkap mengenai pola CpG methylation untuk 10 jaringan organ normal seperti paru-paru, limpa, otak, usus, pankreas, perut, jantung dan darah.

Zhang menambahkan,”Tes ini berpotensi sebagai tes pemeriksaan, jadi berpotensi nyata. Kita perlu melakukan pemeriksaan klinis yang lebih banyak lagi sebelum sampai pada tahap kesimpulan tersebut”. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response