Logo Palu Arit Menyasar Pada Buku Kisi-Kisi UN Di Ciamis

 

Matamatanews.com, CIAMIS – Setelah beredar logo palu arit yang identik dengan Partai Komunis Indonesia (PKI) pada kaos dan pecahan uang kertas yang ramai diperbincangkan, kini logo palu arit tersebut melekat pada buku kisi-kisi Ujian Nasional yang ditemukan di SMAN 1 Kawali, Kabupaten Ciamis.

Seperti yang dikutip dari Republika, “Gambar dengan motif palu arit ditemukan dalam buku kisi-kisi ujian nasional halaman 16, dengan judul buku New Mentor : Rahasia Cerdas Membedah Kisi-Kisi UN Bahasa Inggris SMA/MA 2016 yang terdiri dari 170 halaman”, terang Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus.

Menurut Yusri, dalam halaman 16 pada bagian latihan soal terdapat sebuah teks yang berjudul “Announcing the Robert S Kenny Prize”. Tulisan tersebut dilengkapi dengan logo palu arit beserta dua buah soal pilihan di sampingnya. Inti tulisan tersebut menceritakan penghargaan kepada pejuang buruh dan marxis.

Buku tersebut diterbitkan oleh tim penulis dari Mas Media Buana Pustaka, dengan editor Qurrota Ayuni serta pengadaan buku tersebut bersumber dari alokasi dana BOS SMAN 1 Kawali.

Kemudian, pihak kepolisian beserta pihak-pihak terkait telah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak sekolah untuk menarik kembali buku tersebut yang sudah beredar pada Siswa-siswi SMAN 1 Kawali.

Yusri mengatakan akan melakukan Rapat Forkopimda dan Kominda dengan mengundang Disdik Ciamis guna mengambil langkah terkait penemuan buku tersebut agar tidak berkembang menjadi isu nasional. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response