Lima Ribu Polisi Amankan Demo Buruh

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Kamis (29/9/2016), diduga akan terjadi demo buruh. Untuk mengawal dan mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, Polda Metro Jaya akan menurunkan 5.000 hingga 6.000 personelnya.

"Tanggal 29 ini besar sekali unjuk rasanya para buruh. Pengamanan banyak hampir 6.000-an bahkan 12 kompi disiapkan. Karena estimasi para buruh sebanyak 8.000 sampai 10.000. Terakhir laporan 5.000, tetapi kami antisipasi," kata Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan.

Untuk mengantisipasi jalannya demo berlangsung aman dan tertib, pimpinan aksi dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia membuat kesepakatan dengan Polda Metro Jaya. Kesepakatan kedua belah pihak antara lain, polisi akan mengawal jalannya aksi sehingga suasana tetap kondusif. Massa juga tidak akan memadati Bundaran HI, dan berkumpul di IRTI Monas, Balai Kota, dan Patung Kuda. Dalam unjuk rasa kali ini, elemen buruh akan menyuarakan protes akan kebijakan upah minimum dan pengampunan pajak.

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suntana memastikan, unjuk rasa akan berlangsung damai dan tepat waktu, dari pukul 08.00 hingga 18.00. Ia juga memastikan tidak ada polisi yang melakukan sweeping. "Tadi sudah disepakati seperti itu, kita sudah komitmen," kata Suntana.

Kebijakan ganjil genap tidak berlaku untuk kendaraan para buruh. Selain itu, lanjut dia, transjakarta akan beroperasi normal saat unjuk rasa. "Tetap, tetap operasi. Kita akan pikirkan kepentingan umum yang lain," lanjutnya. [Did/Berbagai Sumber]

sam

No comment

Leave a Response