Libur COVID-19, TK “Kesatuan” Terapkan Metode Home Learning

 

Matamatanews.com, BOGOR—Sekolah yang dilburkan selama tiga pekan ke depan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, tampaknya tidak membuat surut para guru untuk terus memberikan pelayanan pendidikan kepada para muridnya untuk tetap belajar. Dan salah satu pendidikan jarak jauh yang diterapkan sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) “Kesatuan” adalah menerapkan metode Home Learning atau  Belajar dari Rumah.

Terkait  dengan pendidikan jarak jauh yang dilakukan dari rumah, para pendidik TK Kesatuan terus mengawal para anak didiknya untuk tetap belajar melalui aplikasi WhatsApp (WA) yang menjadi andalan untuk pendistribusian seluruh materi pembelajaran dirumah maupun laporan orangtua terhadap guru kelas masing-masing.

Untuk tidak membuat bosan para murid dalam memahami  pelajaran satu dengan pelajaran lainnya, materi pelajaran yang diberikan tidak terlalu rumit dan susah sehingga mudah dipahami,  terang Euis Sunarsih, S.Pd, Kepala sekolah TK Kesatuan yang didirikan sejak tahun 1949 ini kepada Matamatanews.com, pada hari Selasa (07/04/2020) pagi tadi.

“Kepada guru memberikan arahan setiap hari, guru wajib mengetahui keadan anak-anak didiknya, melakukan video call, dan melaporkan hasil kegiatan anak didik berupa video dan foto-foto. Pembelajaran kami berikan berupa pengetahuan tentang COVID, karakter atau moral agama, menerapkan pola Phbs, cinta tanah air, pembiasaan sehari-hari seperti olahraga. Kami juga memberikan berbagai macam metode dengan materi yang berbeda setiap harinya,seperti bercakap-cakap dengan guru, menyanyi, senam pagi,prktik membuat teh manis,merapikan mainan, belajar bahasa Inggris, mandarin dan lainnya,” lanjut Euis Sunarsih.

Euis menambahkan, manfaat terbesar dari belajar dirumah adalah keterlibatan orangtua sangat penting dan anak akan merasakan lebibh dekat dengan orangtuanya.

”Bagi orangtua  akan lebih mengenal karakter , dan mengenal pengetahuan lainnya. Dengan begitu anak dan orangtua akan terjalin hubungan yang harmonis,keakraban setiap hari sehingga menjadikan anak-anak lebih cinta dan bangga terhadap orangtuanya. Dengan pembelajaran seperti di atas, anak-anak akan tertanam kebiasan baik dalam hal apa pun,” pungkas Euis Sunarsih, sang kepala sekolah TK Kesatuan , yang selama ini kerap disebut sebagai salah satu sekolah terbaik di kota Bogor sebagai Juara Satu Lomba sekolah sehat Berkarakter Tingkat TK se Provinsi Jawa Barat , dan berpeluang menjadi juara tingkat Nasional. (akbar)

redaksi

No comment

Leave a Response