Latnister Kodim 0701/Banyumas 2021, Tingkatkan Kemampuan Babinsa Di Masa Pandemi

 

Matamatanews.com, BANYUMAS – Pembinaan Teritorial merupakan bagian dari tugas yang harus dilaksanakan guna mewujudkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam rangka tercapainya tugas pokok TNI-AD khususnya Babinsa. Pembinaan sikap teritorial dilaksanakan melalui penghayatan serta pengamalan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI, merupakan landasan bagi prajurit dalam berfikir serta berbuat dimanapun berada.

Menyikapi hal tersebut, Kodim 0701/Banyumas menyelenggarakan latihan teknis teritorial tahun anggaran 2021 untuk meningkatkan kemampuan Babinsa dalam melaksanakan tugas pokoknya. Kegiatan berlangsung di Aula Jenderal Soedirman Kodim 0701/Banyumas, Kelurahan Kedungwuluh, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas. Kamis (18/03/2021).

Latihan teknis teritorial tahun 2021 Kodim 0701/Banyumas dimulai hari Senin sampai Jum’at (15 s/d 19 Maret 2021) dihadiri oleh Pasi Ops Korem Mayor Inf Hendro Gunawan S.Pd., M.A.P sebagai Dalwaslat (Pengendali dan Pengawas Latihan), penanggung jawab latihan Pasi Ops Kodim 0701/Banyumas Lettu Inf Nurkholis dan dihadiri oleh Babinsa jajaran Kodim 0701/Banyumas.

Terpisah Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra S.E.,M.I.Pol., menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah guna mewujudkan sikap dan kepribadian prajurit TNI-AD pada umumnya dan Kodim 0701/Banyumas khususnya, agar selalu berpedoman dengan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 wajib TNI dalam pelaksanaan tugas di wilayah. 

"Sasaran kegiatan ini adalah terwujudnya mental, disiplin dan semangat prajurit yang tangguh serta profesional sesuai dengan jati dirinya sebagai tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara nasional. Sikap teritorial sebagai sarana dalam meningkatkan kebersamaan dan keeratan hubungan Babinsa dengan masyarakat, sehingga terwujud kemanunggalan TNI dan rakyat guna kepentingan pertahanan Negara," kata Dandim.

Dikatakannya, ada beberapa sikap teritorial yang dapat dipedomani oleh seluruh prajurit yaitu sikap mengayomi yang berarti dapat memberikan perlindungan, sikap kebersamaan berarti bisa berbaur dengan masyarakat, sikap musyawarah berarti bisa mengedepankan musyawarah dalam menyelesaikan masalah, sikap gotong royong yang berarti selalu ikut serta dalam kegiatan masyarakat dan sikap manfaat berarti kehadirannya dapat bermanfaat bagi masyarakat. 

Dandim berpesan kepada seluruh peserta agar mendengarkan dan melaksanakan apa yang di sampaikan oleh pengisi materi sehingga bisa menjadi penyemangat dalam menghadapi pandemic covid-19.

"Terus menerus ingatkan ke masyarakat tentang wabah covid-19, selalu konsisten dalam menerapkan protokol kesehatan dengan 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas). Semoga dengan adanya Latnister tahun 2021, Kodim 0701/Banyumas bisa lebih optimal serta over prestasi dalam bekerja untuk satuan dan masyarakat," pungkas Dandim. (Jack,kabul)

 

redaksi

No comment

Leave a Response