Lagi, 176 Pencari Suaka Diselamatkan Turki

 

Matamatanews.com, ISTANBUL—Tampaknya pemerintah Yunani tidak pernah kapok untuk melakukan tindakan tidak manusiawi terhadap para pengungsi atau pencari suaka yang mencoba memasuki teritori perairan negaranya.Lihat saja kelakuan Yunani pada hari Jum’at (10/9/2021) lalu, sedikitnya 176 pencari suaka didorong kembali ke otoritas pantai Yunani ke perairan wilayah Turki.

Seperti diketahui, Turki telah menampung lebih dari empat juta pengungsi dari berbagai negara, termasuk pengungsi warga Afghanistan yang melarikan diri dari negaranya. Insiden pendorongan kembali para pencari suaka sebanyak 176 orang oleh Yunani bukan kali ini saja terjadi, tetapi sudah berulangkali.

Panjaga pantai Turki menyelamatkan 79 pencari suaka di lepas pantai provinsi Mugla barat daya, sedangkan 59 pencara suaka lainnya di selamatkan di lepas pantai provinsi Izmir barat, 35 di Balikesir dan tiga lainnya di provinsi Aydin.Setelah dilakukan pemeriksaan rutin, para pencari suaka tersebut dikirim ke otoritas migrasi provinsi.

Turki telah berulang kali mengutuk praktik ilegal Yunani dalam mendorong kembali pencari suaka, dengan mengatakan itu melanggar nilai-nilai kemanusiaan dan hukum internasional dengan membahayakan kehidupan migran yang rentan, termasuk perempuan dan anak-anak.

Turki telah menjadi titik transit utama bagi pencari suaka yang ingin menyeberang ke Eropa untuk memulai kehidupan baru, terutama mereka yang melarikan diri dari perang dan penganiayaan.(esma)

 

redaksi

No comment

Leave a Response