KUR UMKM Bukti Keberpihakan Pemerintah Terhadap Sektor Ekonomi Kecil - Menengah

 

Matamatanews.com, JAKARTA—Bantuan subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dikucurkan pemerintah melalui PT  Bank Rakyat Indonesia (Persero), tampaknya mulai dirasakan manfaatnya oleh banyak para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang terdampak pandemi COVID-19.

Trisnowati, salah satu pelaku usaha UMKM di Cilincing, Jakarta utara menyatakan rasa terima kasihnya kepada pemerintah yang telah membantu memberikan subsidi bunga KUR melalui Bank BRI sehingga dirinya bisa melanjutkan usaha dan hidup keluarganya.

“ Saya berterima kasih kepada pemerintah yang telah membantu memberikan bantuan subsidi bunga KUR melalui Bank BRI sehingga bisa melanjutkan usaha dan hidup keluarga,” kata Trisnowati yang mendapat restrukturisasi pembiayaan dari pemerintah  dengan wajah sumbringah.Hal serupa juga diungkapkan Suparto, pengusaha tempe dan tahu asal Purwokerto.

“ Dengan adanya bantuan subsidi bunga KUR dari pemerintah melalui Bank BNI, usaha pembuatan tempe dan tahu saya bisa berjalan stabil disaat permintaan tempe  menurun akibat daya beli masyarakat kecil berkurang dan turun drastis,” terang Suparto .

Sementara pelaku usaha UMKM di Pekanbaru Ryan Baktiar yang bergerak dibidang  pembuatan makanan olahan khas Riau mengakui bahwa pemberian subsidi KUR dari Bank Mandiri oleh pemerintah sangat bermanfaat.

“ Selama PSBB bandara internasional di Pekanbaru ditutup, sehingga usaha saya sempat tersendat dan semua produk tidak terjual. Tetapi akhirnya, sekarang bisa berjalan kembali.”

Dampak dari pandemi COVID-19 juga dialami pengusaha UMKM Muhammad Budi yang membuka kedai kopi di kota Pontianak, Kalimantan barat. Penghasilan dari kedai kopinya melorot tajam dan sepi pengunjung.

“ Pemberian bantuan dalam bentuk subsidi KUR UMKM dari Bank BRI sangat bermanfaat dan menolong para pengusaha kecil untuk bisa melanjutkan usahanya ditengah sulitnya perekonomian saat ini.Usaha kedai kopi saya sendiri sempat mengalami keterpurukan dan tersendat selama pandemi karena sepi pengunjung, tapi Alhamdulillah kini usaha saya bisa buka lagi di Pontianak ,” cerita Muhammad Budi kepada Matamatanews.com.

Direktur Kajian Ekonomi Indonesia Development Monitoring Tri Permadi,SH dalam pemaparan hasil temuan survey IDM terkait realisasi berbagai program penyelamatan ekonomi nasional terdampak COVID-19 mengatakan, bahwa program KUR UMKM diprediksi akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

“ Ini artinya program KUR UMKM berjalan optimal dalam membantu menyelamatkan sektor usaha kecil dan menengah yang terdampak COVID-19 selama PSBB dan lesunya perekonomian nasional, “ pungkas Tri Permadi,Sh mengakhiri. (cam/tri)

 

 

 

 

redaksi

No comment

Leave a Response