Kuda Kepang Banjarnegara Adakan Pentas di Kota Tua Jakarta

 

Matamatanews.com, JAKARTA- Kesenian Kuda Kepang Banjarnegara pentas di halaman Taman Fatahillah, kawasan Kota Tua Jakarta Barat.

Minggu siang, 19 Maret 2023.Selain atraksi kesenian rakyat itu, Gelar Budaya bertajuk Pentas Seni ‘Aswa Nawa’, juga diramaikan dengan pameran ekonomi kreatif khas Banjarnegara.

Kelompok kesenian yang tampil adalah grup kesenian kuda kepang “Langgeng Lestari Budaya” Desa Clapar, yang berkolaborasi dengan Sanggar Seni “Mahira” Desa Kutayasa, keduanya desa di Kecamatan Madukara.

Beberapa tarian apik yang dipentaskan duta seni Banjarnegara siang hingga petang hari itu antara lain  Tari Genggong, Tari Sontoloyo, Minakjinggo Gandrung, Kuda Kepang Putri, dan Tari Sulasih Sulanjana, sebagai gambaran daya tarik wisata tradisional dan menyatukan paseduluran warga Banjarnegara.

Hadir pada gelar budaya tersebut antara lain : Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto, SH beserta Ibu Lucia Tri Harso, Sekretaris Daerah Drs. Indarto M.Si beserta Ibu Sri Rejeki, Ketua Komisi II DPRD Mohammad Rahmanuddin, Plt Kepala Disparbud Tursiman S.Sos dan sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Banjarnegara. Adapun dari Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah, diwakili Kasubdit Promosi dan Informasi, Menuk Indriastuti. 

Ribuan warga Banjarnegara yang tinggal di Jakarta dari Paguyuban Solidaritas Wong Banjarnegara (PSWB) yang diketuai Hadi Wahyono hadir memeriahkan acara tersebut.

Kasubdit Promosi dan Informasi Badan Penghubung Jateng, Menuk Indriastuti dalam sambutannya menyatakan, dirinya merasa gembira dengan adanya pentas seni tersebut, setelah vakum akibat pandemi Covid-19.

“Dua tahun kegiatan ini vakum, tentunya ini menjadi rasa syukur, harapan dan semangat baru yang digelorakan dan digaungkan untuk mencapai cita-cita luhur bangsa,” katanya.

Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto SH, memberikan apresiasi yang tinggi dengan digelarnya pentas seni dari duta budaya Banjarnegara di kompleks Kota Tua Jakarta.

“Pentas ini sangat bagus, apalagi sekarang bisa digelar di Kota Tua. Semoga semakin menggairahkan para seniman untuk berekspresi dan menghibur masyarakat Banjarnegara terutama yang ada di Jakarta, untuk bersama-sama membangun daerahnya,” harapnya.

Salah seorang warga Banjarnegara di Jakarta, Arifin mengaku sangat senang dengan adanya pentas ini.

“Pentas ebeg ini pastinya membuat kita senang dan bisa jadi obat kangen pada kesenian Banjarnegara. Semoga lebaran kami bisa mudik,” ucap warga Pasar Manis Punggelan ini. (ugl/Jof/awi)

 

redaksi

No comment

Leave a Response