KPU Perpanjang Waktu Pendaftaran

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum memperpanjang masa pendaftaran jika pada saat penetapan pasangan calon kepala daerah hanya terdapat satu pasangan calon yang dinyatakan lulus verifikasi. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi jika bertambahnya jumlah calon tunggal saat pilkada serentak 2017 mendatang.

Penetapan calon dilakukan pada 24 Oktober nanti, namun masa pendaftaran akan di perpanjang sampai 30 Oktober jika di satu daerah hanya terdapat satu pasangan calon. Komisioner KPU, Ferry Rizky Kurniansyah menjelaskan perpanjangan masa pendaftaran meliputi masa sosialisasi pendaftaran selama tiga hari dan pembukaan pendaftaran tiga hari. Keputusan tersebut ditetapkan dalam surat edaran KPU tertanggal 18 Oktober 2016 tentang penetapan pasangan calon pilkada.

Sementara itu, pasal 3 Peraturan KPU Nomor 14 Tahun 2015 menjelaskan bahwa pasangan calon yang dapat mendaftar pada masa perpanjangan ialah partai politik atau gabungan partai yang tidak mendaftarkan pasangan calon pada masa pendaftaran sebelumnya. Kemudian partai atau gabungan partai yang mendaftarkan pasangan calon namun tidak memenuhi persyaratan saat verifikasi, dan pasangan calon yang tidak memenuhi syarat sehingga tidak ditetapkan sebagai pasangan calon peserta pemilihan.

Anggota Badan Pengawas Pemilu, Daniel Zuchron meminta KPU untuk memastikan penyelenggara pemilihan di daerah bersikap independen dan transparan dalam proses verifikasi syarat calon. “Verifikasi merupakan tahap awal dalam pilkada yang rawan kecurangan, saat pleno penetapan kami meminta KPU untuk menjelasakan dan meminta bukti verifikasi pasangan calon”, lanjut Daniel. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response