KPK Gandeng 26 Lembaga Antikorupsi Lintas Negara

 

Matamatanews.com.JAKARTA—Dalam upaya memberantas korupsi lintas negara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggandeng 26 lembaga antikorupsi di Asia dan Eropa. Laode M. Syarief, Wakil Ketua KPK mengatakan korupsi tergolong kejahatan luar biasa dan bisa terjadi melintas batas negara. Penanganannya pun harus dilakukan secara luar biasa dan melibatkan banyak lembaga antikorupsi.

“ KPK telah menjalin sinergi dengan 26 lembaga antikorupsi dari sejumlah negara, baik di tingkat Asia maupun Eropa.” ujar syarief dikutip CNNIndonesia.com pada Senin (19/9/2016).

Beberapa lembaga antikorupsi yang tergabung antara lain adalah MACC (Malaysia), SFO (Inggris), AGD (Australia), ACB (Brunei Darussalam), CPIB (Singapura), NACC (Thailand), dan MOS (Cina). Menurut Syarief KPK juga dapat belajar untuk memperbaiki diri melihat praktik terbaik negara lain, begitu juga sebaliknya.

Syarief menambahkan dalam waktu dekat ini KPK juga menjalin kerja sama dengan lembaga antikorupsi (ACC) Bangladesh. Kerja sama ini akan diperkuat dengan penandatanganan nota kesepahaman antar negara.

Sementara itu Syarief memberi salah satu contoh pada lembaga antikorupsi Timor Leste (CAC) yang  secara khusus belajar pencegahan serta penindakan korupsi di KPK pada 2014 lalu. (dit/Berbagai sumber)

 

sam

No comment

Leave a Response