Kota Trenggalek Terima Kunjungan Walikota Philippenes dan Sekjen UCLG ASPAC

 

Matamatanews.com, TRENGGALEK Jum’at (12/11/2016) Emil Elestianto Dardak (Bupati Trenggalek) menerima kunjungan Mrs. Hon Stephany Uy Tan (Walikota Catbalongan) dan Dr.Bernardia Tjandra Dewi (Sekjen UCLG Aspac) di Pendopo Trenggalek, Jawa Timur.

Kunjungan kerja dalam rangka lokakarya meningkatkan daya saing dan memberdayakan Koperasi (Workshop Enhancing Competitivenes and Empowering Cooperatives), dimulai pukul 09.30 – 13.15 wib oleh Co President Uniten Cities and Local Goverment Asia Pasific (UCLG Aspac) Emil Elestianto Dardak, dihadiri Mayor Inf Misirin (Kasdim 0806 Trenggalek), Kompol Kuswara (Waka Polres Trenggalek), Samsul Anam (Ketua DPRD Trenggalek), Bambang Nurcahyono (Ketua PN Trenggalek), KPD Trenggalek dan 150 orang undangan.

Kegiatan diawali dengan penampilan seni Tari Tresno Sejati dari Sanggar Joyo Anggodo SMAN 1 Karangan, dalam sambutannya Dr. Emil Elestianto Dardak menyampaikan bahwa “Dengan pertemuan ini semoga bisa mempererat hubungan antara Asia Pasific, UCLG adalah sebagai fasilitas antar Pemerintah Daerah agar bisa menyampaikan aspirasi ketingkat Internasional. Anggota UCLG antara lain terdiri dari Pemerintah Daerah Indonesia, Kamboja, Thailand, Philipina, Vietnam, bersama Europe Commision and Konrad Adenaure Stiftung yang memiliki proyek Partnership for Democratic Local Governance in Southeast Asia (DELGOSIA), yaitu sebuah proyek yang berfokus pada 4 (empat) area , yaitu Partisipasi masyarakat dalam perencanaan dan pengambil keputusan, Pemerintahan Institusional, Lingkungan perkotaan dan strategi pengolahan fiskal, Promosi investasi. Jika berhasil maka jurang pembangunan antara Ibu Kota dan Daerah bisa menyempit, hasilnya urbanisasi bisa ditekan dengan sendirinya, daerah – daerah berkembang tanpa perlu mengharapkan urun tangan Pemerintah Pusat”, kata Bupati Trenggalek.

Sedangkan Dr. Bernadia Candradewi dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih atas sambutan Bupati dan saya pertama kali ke Trenggalek sangat terkesan dengan kebersihannya dan selamat atas terpilihnya Bupati Trenggalek menjadi President UCLG Asia Pasific. Saya bangga dengan Kabupaten Trenggalek bisa mewakili di ajang dunia dalam acara UCLG Asia Pasific, semoga bisa memajukan Kota Trenggalek dengan potensi yang ada sehingga bisa mempercepat pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan salah satunya Batik Trenggalek yang nantinya bisa dikenal luas.

Selanjutnya Mrs. Hon Stephany Uy Tan, juga mengucapan terima kasih atas sambutan Bupati Trenggalek dan menyampaikan bahwa kota Catbalogan Philipina tidak sebesar kota Trenggalek. Catbalogan banyak pantainya dan pegunungan, Saya adalah Bupati termuda dan Wanita pertama di Philipina pada Usia 23 tahun sudah menjadi Kepala Desa setelah itu menjadi anggota parlemen dan menjadi Bupati selama 2 Periode. Sebelumnya pada urutan ke 144 perekonomian dan sekarang menjadi urutan ke 44 karena kami mempermudah perijinan investor asing untuk menanamkan modal dan Pemerintah sangat mendukung permodalan koperasi untuk memajukan masyarakat Philipina, katanya.

Pada pukul 12.00 Wib dilaksanakan foto bersama dilanjutkan meninjau beberapa stand yang disiapkan di Pendopo Trenggalek. Pukul 13.15 Wib kegiatan kunjungan kerja Walikota Catbalogan Philippenes Mrs. Hon Stephany Uy Tan dan Sekjen UCLG ASPAC / United Cities and Local Govemment Asia Pasific Dr. Bernardia Tjandradewi telah selesai (Nizam/Nailul/Media Center Kodam V Brawijaya).

 

sam

No comment

Leave a Response