Korsel Galakkan Kampanye Alat Sensor Bagi Wanita Hamil di Kereta

 

Matamatanews.com,JAKARTA— Transportasi publik belakangan ini selalu menjadi pilihan ketimbang menggunakan kendaraan pribadi, tak terkecuali di Indonesia yang sering disergap kemacetan setiap hari. Transportasi publik seperti kereta,kini menjadi pilihan masyarakat banyak untuk mencapai tujuan. Selain cepat, kereta api juga menyediakan fasilitas  untuk penyandang disabilitas, manula (manusia lanjut usia) dan ibu hamil. Tetapi sayang, fasilitas tersebut selalu tidak tepat sasaran, ditempati oleh bukan peruntukannya atau pengguna lain.

Bukan disini saja hal itu terjadi ,diberbagai negara pun mengalami hal serupa,semisal di Korea Selatan masalah pemakai transportasi publik yang bukannya haknya kini menjadi perhatian serius. Di Busan,Korea Selatan yang memiliki kereta bawah tanah kini tengah gencar kampanye memberikan alat yang memancarkan sinyal bila terdapat seorang ibu hamil  berada diatas kereta. Alat tersebut diberi nama “The Pink Light Campaign”.

Alat ini nantinya akan dipasangkan disetiap kursi ibu hamil dan diberi tanda ping bergambar ibu hamil sehingga ketika ada seorang ibu hamil naik kereta dan mendekat ke benda tersebut,maka sinyal berwarna ping akan terus menyala. Manfaat lain dari alat ini,bisa mengingatkan pengguna lain untuk menyerahkan kursinya kepada ibu hamil bila tanda tersebut terus menyala.

Teknologi ini diharapkan semakin dikembangkan agar dapat membantu para penyandang disabilitas, maupun manula sehingga fasilitas penggunaan transportasi publik sesuai dengan  fungsinya.Lebih efektif dan semakin tertib. (Andro DP/tech insider)

 

sam

No comment

Leave a Response