Korsel Berikan Hibah 32 Juta Dolar Amerika Kepada Ethiopia Untuk Pembangunan

 

Matamatanews.com, ETHIOPIA—Dikutip dari kantor berita Ethiopia, ENA, hari Senin (23/3/2021) lalu Ethiopia dan Korea Selatan (Korsel) telah menandatangani perjanjian hibah 32 juta USD yang akan membantu Ethiopia mencapai upaya pembangunan berdasarkan Rencana Prospektif Sepuluh Tahun dan SDGs.

Menteri Keuangan, Yasmin Wohabrebbi dan Country Director Korea International Cooperation Agency (KOICA) Kim Dong Ho menandatangani perjanjian tersebut.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, KOIKA akan memberikan dukungan untuk melaksanakan tiga proyek di Ethiopia selama lima tahun mendatang dengan total anggaran sebesar 32 juta USD.

Proyek tersebut mencakup peningkatan rantai nilai pertanian pedesaan melalui menghubungkan petani kecil dengan Pusat Transformasi pedesaan.

Pelaksanaan restorasi hutan dan lanskap berketahanan iklim serta mendukung rencana induk pengembangan DAS untuk pembersihan kota Addis Ababa di hulu sungai Sheger juga merupakan bagian dari kesepakatan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Country Director KOICA Kim Dong Ho mengatakan Ethiopia dan Korea Selatan telah memperkuat kerjasama ekonomi dan mereka melaksanakan lebih dari 14 program bilateral yang sangat relevan bagi perekonomian Ethiopia.

Ia menyatakan, "Anggaran untuk ketiga proyek tersebut termasuk anggaran yang dialokasikan tertinggi dibandingkan dengan kinerja program bantuan hibah kami di tahun-tahun sebelumnya."

Country-Director meyakinkan bahwa KOICA akan terus meningkatkan upaya sosial ekonomi negara di tahun-tahun mendatang.

Menteri Luar Negeri, Yasmin Wohabrebbi di pihaknya mengatakan perjanjian keuangan yang ditandatangani hari ini menandai kerja keras dan koordinasi yang erat antara pemerintah Ethiopia dan Korea Selatan.

Ia juga menyatakan bahwa kerja sama yang terjalin antar negara merupakan wujud rasa saling menghormati “yang kita miliki satu sama lain, serta kepentingan bersama dalam menciptakan kemitraan yang lebih berkelanjutan.(cam)

redaksi

No comment

Leave a Response