Korem Wijayakusuma Adakan Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA - Wasev Pasibinwanmil Korem 071/Wijayakusuma Kapten Inf Safari mengadakan kunjungan kerja dalam rangka Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Triwulan IV TA 2020. Acara  dibuka langsung Pasiter Kodim 0704/Banjarnegara Kapten Inf Sugiyono mewakili Komandan Kodim 0704/Banjarnegara Letkol Arh Sujeidi Faisal, S.T., M.Han. dihadiri oleh para Babinsa, di Tribun Jenderal Soedirman. Senin, (16/11/2020).

Pasiter Kapten Inf Sugiyono mengungkapkan, pihaknya mewakili Dandim 0704/Banjarnegara mengucapkan selamat datang kepada Kapten Inf Safari di Kodim 0704/Banjarnegara.

"Seperti inilah kondisi di Banjarnegara tidak panas, sebagian besar daerah di sini adalah pegunungan, lebih waspada terhadap terjadinya bencana tanah longsor. Bencana alam ini sering terjadi terutama wilayah pegunungan, " ungkap Pasiter Kapten Inf Sugiyono.

Kegiatan ini kata Pasiter, merupakan program yang telah dibuat oleh Komando Atas, untuk pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Triwulan IV TA 2020. 

"Saya yakin seluruh anggota sudah memahami cara pembinaan jaring dan cara mendapatkan mitra karib yang telah berjalan diwilayah. Manfaat jaring teritorial sangat banyak, kalau kita tidak punya mitra, kita tidak akan mendapatkan informasi, makanya kita harus mempunyai mitra karib di wilayah," imbuh Pasiter.

Pasibinwanmil Kapten Inf Safari menyampaikan bahwa tugas dan tanggung jawab keamanan wilayah bukan hanya di pundak kita, tetapi juga di setiap komponen masyarakat. 

"Untuk itu mari kita bersama sama menjaga semaksimal mungkin agar tetap aman dan kondusif. Babinsa merupakan ujung tombak TNI, harus memiliki kepekaan yang terhubung dengan jaring atau mitra karirnya, sehingga tercipta deteksi dini, mencegah dini dan temu cepat lapor cepat agar terciptanya alat ruang dan kondisi juang yang tangguh," ungkap Kapten Inf Safari.

“Sesuai dengan ST, Babinsa harus mempunyai 20 mitra karib. Saat ini satu Desa dibina oleh 1 Babinsa, ada juga 2 Babinsa bahkan satu Babinsa memegang 3 Desa, itu adalah salah satu wujud sinergi TNI AD dengan masyarakat, dengan menjaga silaturahmi berupa kegiatan pembinaan peta jarak teritorial.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu terwujudnya kerjasama yang harmonis, mempererat tali silaturahmi bersama masyarakat, terbentuknya sikap kesetiakawanan, memberikan informasi secara terus menerus segala perkembangan di wilayah, terdatanya kondisi sosial masyarakat yang akurat guna mengambil keputusan bila terjadi gangguan atau konflik sosial di wilayah”. pungkas Kapten Inf Safari.(Pendimbna/Nusa)

 

redaksi

No comment

Leave a Response