Korea Utara Di Guncang Gempa, Diduga Akibat Uji Coba Nuklir.

 

Matamatanews.com,PyongyangGempa bumi berkekuatan 5,3 skala Richter mengguncang Korea Utara pada Jum’at dinihari (9/9/2016). Banyak spekulasi muncul setelah mendengar kabar tersebut, diantaranya Jepang dan Korea Selatan yang menduga gempa terjadi akibat uji coba senjata nuklir.

Seperti yang diberitakan kantor berita Korea Selatan Yonhap, awalnya gempa terditeksi di Pyunggye-ri, sebelah utara Korea Utara. Pyunggye-ri selama ini dikenal sebagai wilayah uji coba nuklir pihak Korea Utara.

Badan Geologi AS atau USGS mencatat kekuatan gempa sebesar 5,3 skala Richter dengan kedalaman dangkal, nyaris dipermukaan dan tidak ada pergerakan lempengan bumi. Pusat jaringan Gempa Cina juga merasakan kejanggalan Gempa tersebut, meraka menduga guncangan ini terjadi akibat ledakan.

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengatakan, pihak pemerintah akan segera mengumpulkan informasi terkait gempa tersebut. “Kami menduga kemungkinan gempa ini terjadi akibat Korea Utara melakukan uji coba nuklir”, lanjut Suga.

Menteri Luar Negeri Jepang, Fumio Kishida menegaskan jika terbukti benar Korea Utara melakukan uji coba nuklir, maka pihaknya akan melakukan protes keras terhadap Korea Utara dan membawa masalah ini ke Dewan Keamanan PBB. Jepang merupakan negara satu-satunya yang pernah merasakan bom nuklir pada penghujung perang dunia II yang menewaskan ratusan ribu jiwa.

Berdasarkan sanksi PBB, Korea Utara dilarang melakukan tes uji coba nuklir sejak 2006 silam. Tetapi dalam beberapa bulan terakhir, mereka telah melakukan serangkaian peluncuran rudal balistik dan mengancam akan melakukan serangan nuklir terhadap musuh-musuh mereka.(atep/CNN/berbagai sumber).

sam

No comment

Leave a Response