Korea Selatan tambah 20 Kasus COVID-19 Baru, Pasien Terbesar Berusia 20 Tahunan

 

Matamatanews.com, SEOUL—Dikutip dari laman The Korea Herald, jumlah orang yang terinfeksi virus korona di Korea Selatan pada hari Jum’at (22/5/2020) kemarin naik menjadi 20, dengan penyebaran penyakit yang masih ada di masyarakat, kata otoritas kesehatan setempat.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea, jumlah kasus COVID-19 baru kini mencapai 11.142 pasien di rawat di rumah sakit, sementara  korban yang tewas 264 orang.

"Proporsi pasien berusia 20-an yang tertular virus di klub malam, bar dan tempat karaoke, di antara tempat-tempat lain, sedang meningkat," kata Direktur Jenderal KCDC Jung Eun-kyeong dalam sebuah briefing.

"Kami berspekulasi ada lebih banyak pasien yang tidak terdeteksi di komunitas tersebut mengingat karakteristik virus, yang memiliki banyak pasien tanpa gejala dan ringan," tambahnya, mendesak orang-orang berusia 20-an untuk menjaga penjaga mereka terhadap virus.

Menurut KCDC, pasien virus korona berusia 20-an juga merupakan kelompok pasien terbesar berdasarkan usia, terhitung 27,9 persen dari total pasien, atau 3.111 orang, diikuti oleh mereka yang berusia 50-an, 40-an dan 60-an.

Ditambahkan KCDC, bahwa wabah di distrik  Itaewon, Seoul yang diimpor dari Amerika Serikat dan Eropa yang terjadi pada hari Jum’at pukul 12.01 telah menyebabkan 251 orang terpapar secara nasional.Seorang guru di Incheon yang telah mengunjungi Itaewon  menularkan virus ke salah satu muridnya, yang kemudian menularkan virus ke sopir taksi.

Pengemudi taksi itu mengambil pekerjaan sebagai fotografer lepas di pesta ulang tahun bayi awal bulan ini, dan menularkan virus ke bayi berusia 1 tahun, antara lain orangtua dan kakek-nenek bayi tersebut, kata otoritas kesehatan.

Sementara itu, 11 pasien baru terjangkit virus di dalam negeri, termasuk enam di Provinsi Gyeonggi, dua di Provinsi Gyeongsang Utara dan masing-masing di Seoul, Incheon dan Provinsi Gyeongsang Selatan, kata KCDC. Sembilan orang adalah pasien dari luar negeri, tujuh di antaranya dikonfirmasi di titik pemeriksaan bandara, katanya menambahkan. (bar)

redaksi

No comment

Leave a Response