Koramil Kalibagor Gelar Karya Bhakti Guna Lestarikan Budaya Gotong Royong

 

Matamatanews.com, BANYUMAS - Guna mewujudkan kepedulian serta menunjang program pemerintah daerah dalam menjaga kebersihan lingkungan di masa pandemi Covid-19, Koramil 08/Kalibagor Kodim 0701/Banyumas bekerjasama dengan masyarakat desa Karangdadap melaksanakan karya bakti Pembersihan sungai Kali Bener Desa Karangdadap Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas, Selasa (19/01/2021).

Danramil 08/Kalibagor Kapten Inf Untung Nugroho saat ditemui awak media mengatakan bahwa Karya Bhakti tersebut dilakukan untuk membantu mensejahterakan masyarakat melalui fasilitas kebersihan umum serta mewujudkan sasaran pembinaan teritorial. Menurut Danramil kerja bakti secara gotong royong ini diadakan setiap saat terutama sehabis hujan deras.

Dikatakannya, Karya Bhakti dilaksanakan dengan semangat silaturahmi, kebersamaan dan kegotong royongan yang nyata nyata memberikan manfaat dalam mengatasi segala permasalahan yang terjadi di masyarakat.

“Semua saling bahu membahu, memberikan sumbangan berupa pikiran, ide, tenaga, keterampilan, materi dan kebendaan, sehingga permasalahan dapat diselesaikan, serta pekerjaan berat pun akan terasa ringan,” katanya.

Tujuan lain dari karya Bhakti ini lanjut Danramil, diantaranya meningkatkan kemanunggalan TNI - Rakyat, meningkatkan kerjasama dan melestarikan budaya gotong royong, meningkatkan taraf hidup masyarakat, serta membantu pencegahan apabila terjadi bencana banjir saat musim penghujan.

“Sebagai aparat pemerintah maka  menjadi kewajiban kita untuk memberikan contoh kepada masyarakat dengan melakukan hal yang positif terutama dengan cara kebersihan lingkungan. Apa yang dilakukan ini tentu akan dilihat oleh masyarakyat lainnya. Kita meyakini kegiatan bersih-bersih ini dapat memotivasi mereka, meniru apa yang kita lakukan bahkan melakukannya secara rutin," ungkapnya.

Danramil menambahkan pihaknya terus berupaya mengedukasi masyarakat perihal nasionalisme, bela negara, ancaman terorisme dan radikalisme, bahaya narkoba, serta tetap menerapkan protokol Kesehatan demi mencegah penyebaran covid-19 di wilayah Kabupaten Banyumas.

Turut hadir dalam dalam kegiatan Karya Bhakti ini diantaranya Danramil 08/Kalibagor Kapten Inf Untung Nugroho, Anggota Koramil 08/Kalibagor, Kepala Desa Karangdadap Hj. Nur Ida Wati, S.E, Perangkat desa dan masyarakat Desa Karangdadap. (Jack,kabul)

 

 

redaksi

No comment

Leave a Response