Koramil 06/Kembaran Adakan Operasi Penertiban Pemakaian Masker

 

Matamatanews.com, KEMBARAN -Koramil 06/Kembaran bersama Forkopincam terus melakukan berbagai upaya mengajak masyarakat agar disiplin mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona di wilayah Kecamatan Kembaran. Salah satunya melalui Operasi Yustisi Penertiban Penggunaan Masker dan mengedukasi pendisplinan kepada masyarakat, yang digelar di ruas Jl. Linggasari - Purbalingga di pasar Bengkoang Linggasari Kec. Kembaran Kab. Banyumas. Selasa (12/01/2021).

Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra, S.E., M.I.Pol melalui Ws. Danramil 06/Kembaran Kapten Inf Untung NA, mengatakan bahwa operasi kali ini giat menyasar pengguna jalan / pengendara kendaraan bermotor yang melintasi Jl. Linggasari - Purbalingga di pasar bengkoang Linggasari Kec. Kembaran. Operasi penertiban penggunaan masker digencarkan Tim Gugus Tugas COVID-19 Kecamatan Kembaran. 

Lebih lanjut Kapten Untung menyampaiiikan bahwa tujuan kegiatan operasi yustisi penertiban penggunaan masker ini, untuk memberi peringatan tentang disiplin dan anjuran penggunaan masker kepada pengguna kendaraan bermotor yang melintas Jl. Linggasari - Purbalingga tepatnya di pasar bengkoang Linggasari Kec. Kembaran.

"Sejumlah personil gabungan, baik dari Personil TNI-Polri, Satpol PP Kecamatan memberikan edukasi dan mengingatkan sekaligus mendisiplinkan serta menyadarkan kepada masyarakat terkait protokol kesehatan, salah satunya penggunaan masker, guna mencegah penyebaran virus corona (COVID-19),” katanya. 

Menurutnya, adanya kegiatan ini sejumlah pengendara kendaraan bermotor yang melintasi Jl. Linggasari menyambut baik lantaran mau mengikuti edukasi yang diberikan. Beberapa pengendara dan pemakai jalan yang kedapatan tidak mengenakan masker juga diberikan teguran dan peringatan keras dari Petugas.

Dalam razia tersebut selain memberikan himbauan, petugas juga memberikan tindakan bagi pelanggar untuk membeli masker di warung / toko terdekat, kemudian memperbolehan pengendara untuk melanjutkan kembali perjalannya. 

Razia gabungan ini berhasil menjaring 21 orang yang tidak mengenakan masker. Dari jumlah tersebut, 7 orang tanpa identitas membuat surat pernyataan dan 14 orang ditahan identitasnya (KTP) oleh tim Yustisi untuk dilakukan persidangan di Kantor Desa Kembaran Kec. Kembaran pada hari Jum'at tgl 15 Januari 2021 pukul 09.00 WIB.

Ws. Danramil berharap dengan razia ini akan lebih menyadarkan masyarakat tentang pentingnya pendisiplinan protokol kesehatan dengan memakai masker bila beraktivitas di luar rumah. 

“Selalu mengenakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak aman,mengurangi kontak fisik serta senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan mengonsumsi makanan bergizi, diharapkan akan mampu memutus mata rantai penularan COVID-19, “ pungkas Ws. Danramil. (pen/hen)

 

redaksi

No comment

Leave a Response