Kopassus Semakin Mumpuni Dimata Internasional

 

Matamatanews.com,JAKARTA—Latihan  bersama antara Indonesia dan Australia yang digelar sejak 18 hingga 28 Juli 2016 dengan nama Dawn Komodo ,yang melibatkan Kopassus ( Komando Pasukan Khusus) dengan Special Operation Command (Socomd) dengan tujuan mempererat hubungan antara kedua negara itu,berakhir sudah.

Danjen Kopassus Mayjen Herindra mengatakan bahwa pelatihan ini sebagai ajang untuk saling bertukar pengalaman antara Kopassus dengan SOCOMD, apalagi dengan pengalaman Australia yang sudah secara langsung diterjunkan ke Afghanistan dan negara lainnya, terutama dalam penanggulangan terorisme.

Disela-sela pelatihan pasukan Australia yang dipimpin oleh Mayor Jenderal Jeff Sengelman yang merupakan Komandan Operasi Khusus Australia menyempatkan diri bertemu dengan Danjen Kopassus Mayjen Herindra.  Jeff mengatakan, bahwa dari demonstrasi pelatihan yang dilakukan Kopassus menunjukkan bahwa motto, skill dan keterampilan Kopassus masih yang terbaik di dunia.

Kunjungan ini merupakan kehormatan bagi dirinya, karena hubungan antara Kopassus dengan SOCOMD yang sudah berjalan selama hampir 25 tahun, didasari atas kepercayaan, persahabatan dan pemahaman tambah Jeff dalam siaran Persnya yang diterima dari bagian penerangan Kopassus

Memang masalah kehebatan pasukan Kopassus sudah tidak diragukan lagi oleh dunia internasional dimana di dalam Discovery Chanel Military Kopassus berhasil menjadi pasukan elite terbaik ketiga di dunia. Hal ini sangat menggembirakan dibalik keterbatasan persenjataan yang dimiliki namun  dapat memaksimalkan kemampuan yang dimiliki. Selain itu kopassus juga dikenal memiliki pelatihan yang cukup keras untuk para prajuritnya.

Selain Kopassus dari TNI AD, terdapat juga banyak pasukan elite yang tangguh berasal dari TNI AU, TNI AL dan POLRI. Diharapkan  dengan kemampuan yang mumpuni dan didukung infrastruktur yang prima prajurit Indonesia semakin diperhitungkan dimata dunia internasional.Bravo ! (Andro DP/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response