Konsumsi Cabe Merah Pedas Dapat Membantu Hidup Lebih Lama

 

Matamatanews.com, PHILADELPHIA –Secara umum cabe merah dikenal sebagai bahan tambahan makanan untuk menambah rasa pedas. Namun, dibalik rasa pedasnya, cabe menyimpan rahasia untuk hidup lebih lama.

Menurut hasil studi yang dilansir CBS News, Senin (16/01/2017) menyatakan manusia yang mengkonsumsi cabe pedas memiliki risiko kematian lebih rendah serta berpotensi hidup lebih lama.

Peneliti asal Larner College of Medicine di University of Vermont menemukan konsumsi cabai merah pedas dikaitkan dengan risiko 13 persen lebih rendah dari kematian. Hal ini diungkapkan setelah melakukan analisa pada sekitar 16.000 orang Amerika Serikat (AS) melalui National Helath dan Survei Pemeriksaan Gizi.

Para peserta disurvei dari aspek gaya hidup mereka sampai kebiasaan makan. Hal itu dilakukan selama 18 tahun untuk meneliti profil kesehatan peserta, kemudian peneliti menemukan tingkat kematian hanya 21,6 persen untuk orang yang mengkonsumsi cabai merah pedas. Namun, angka kematian naik mencapai 33,6 persen untuk mereka yang tidak mengkonsumsi.

Menurut catatan peneliti meyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi cabai merah pedas cenderung lebih muda, laki-laki, putih, Meksiko-Amerika, menikah, perokok, peminum alkohol, mengkonsumsi lebih banyak sayur dan daging, rendah HDL-kolesterol, pendapatan rendah serta pendidikan kurang. Dibanding peseta yang tidak mengkonsumsi cabai merah pedas.   

Seperti dirilis PLoS ONE jurnal, Senin (09/01/2017), penulis tidak dapat menentukan bagaimana cabai merah pedas dapat membantu agar rentang hidup lebih lama. Namun, menurut teori para peneliti menyatakan bahwa capsaicin, bahan bioaktif yang ditemukan dalam rempah-rempah memiliki sifat antimikroba yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi dan mengbah microbiota usus.  (Adith/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response