Konsulat Amerika Serikat di Jeddah Jadi Target Bom Bunuh Diri

 

Matamatanews.com,JEDDAHKemarin,Senin (4/7)dini hari waktu setempat  Konsulat Amerika Serikat di Kota Jeddah, Arab Saudi menjadi target serangan bom bunuh diri. Pelaku nekad meledakkan diri di dekat kantor konsulat Amerika Serikat, selain menewaskan pelaku,insiden ini juga melukai dua petugas keamanan. Disebutkan oleh beberap sumber di Jeddah, pelaku bom bunuh diri mengendarai sebuah mobil dan tampaknya sedang bergerak menuh sebuah masjid di dekat kantor konsulat AS di Jeddah.

Serangan ini terjadi ditengah derasnya gelombang serangan bom yang diklaim kelompok Islamic State (IS), termasuk serangan bom di baghdad,Irak, pada Minggu (3/7) lalu yang menewaskan 200 orang, penyanderaan di bangladesh , dan serang di bandar udara Istanbul,Turki. Sebelum terjadi ledakan ,petugas keamanan mencurigai seorang pria yang berada di dekat tempat parkir Rumah Sakit Dr Faqeeh Sulaeman, yang berada tepat di seberang kantor Konsulat Amerika Serikat.

Akibat ledakan tersebutseluruh staf kantor konsulat Amerika Serikat dilaporkan telah mengungsi ke sebuah lokasi yang dianggap aman. “Saat petugas keamanan hendak melakukan pemeriksaan,pria tersebut meledakkan diri di tempat parkir rumah sakit,” demikian dijelaskan sumber di Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.

Dua petugas keamanan yang mendekati pria tersebut,dikabarkajn mengalami luka-luka dan tidak ada korban lain yang tewas selain pria yang melakukan bom bunuh diri tersebut. Ledakan tersebut terjadi sesaat sebelum shalat shubuh  dan bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat yaitu 4 Juli.

Sementara di washington, Juru Bicara Departemen Luar Negeri yang menolak disebutkan namanya,mengatakan,”Kami mendapat laporan bahwa adaledakan di Jeddah dan saat ini kami sedang bekerja sama dengtan pemerintah saudi untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut,”.

Pasca ledakan ,sejauh ini belum ada yang pihak yang mengaku bertanggung jawab. Sebenarnya peristiwa serupa pernah terjadi pada 2004 silam. Ketika itu,konsulat Amerika Serikat di Jeddah menjadi target serangan kelompok militan.dam peristiwa itu, sembilan orang tewas. Walhasil, setelah serangan itu,Kedutaan Besar Amerika Serikat di Arab Saudi mengeluarkan peringatan agar tetap waspda akan kejadian dilingkungan mereka.keduataan juga meminta pemerinta Amerika serikat untuk segera  mengambil tindakan pencegahan ekstra bagi warganya yang akan bepergian.(Samar/berbagai sumber)

 

sam

No comment

Leave a Response