Kodim Banyumas Terima Kunjungan Tim Wasev, Evaluasi Penanganan Covid-19 Dan PPKM Mikro

 

Matamatanews.com, BANYUMAS - Tim pengawas dan evaluasi Operasi pendisiplinan protokol kesehatan Covid-19 dari Kodam IV/Diponegoro mendatangi Kodim 0701/Banyumas dalam rangka evaluasi penanganan Covid-19 dan PPKM Mikro untuk wilayah Kabupaten Banyumas, Jumat (12/02/2021).

Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf. Candra S.E.,M.I.Pol beserta kepala dan perwira staf Kodim 0701/Banyumas menerima kunjungan Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Covid-19 Kodam IV/Diponegoro  Kolonel Kav Purwadi ,S.Sos di ruang data Kodim 0701/Banyumas Jalan Jenderal Sudirman No. 204 Kelurahan Kedungwuluh Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas.

Dalam arahannya Kolonel Kav Purwadi, S.Sos., menyampaikan tentang sosialisasi operasi PPKM Mikro dalam rangka analisa evaluasi data dan pemeriksaan penyiapan satuan Sigap Covid-19 yang dilaksanakan pada bulan februari 2021. Menurutnya, kunjungan tersebut merupakan program kerja Angkatan Darat ke satuan wilayah Kodam IV/Diponegoro khususnya Kodim 0701/Banyumas, tentang perintah kepada seluruh jajaran prajurit TNI-AD agar membentuk satuan Covid-19 sebagai satgas operasi PPKM Mikro di 7 propinsi di Indonesia.

"Covid-19 merupakan musuh bersama dan harus ditangani secara bersama-sama antara TNI-Polri, aparat pemerintah, petugas kesehatan serta masyarakat. TNI akan mendukung kebijakan pemerintah dalam menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. TNI-AD akan bersinergi dengan unsur terkait dalam melaksanakan kebijakan tersebut," ungkapnya.

Dengan adanya PPKM Mikro ini lanjut Kol. Purwadi, nantinya ada pengetatan pengawasan di tingkat paling rendah yaitu tingkat RT.

"Dengan diberlakukannya PPKM mikro ini nantinya di masing‐masing desa, akan dihidupkan kembali satgas desa, sehingga pengawasannya lebih mudah dan bisa berimbas pada menurunnya angka Covid‐19 di Indonesia khususnya diwilayah Banyumas," tandasnya.

Tim Wasev Kodam IV/Diponegoro juga melakukan beberapa kegiatan diantaranya pengecekan sarana dan prasarana serta meninjau pelaksanaan penegakan protokol kesehatan Sigap Covid-19 di sejumlah wilayah di Banyumas, antara lain di posko kelurahan Kober kecamatan Purwokerto Utara dan posko desa Karangduren  kecamatan Sokaraja kabupaten Banyumas.

Dalam kesempatan ini Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf. Candra S.E.,M.I.Pol menyampaikan ucapan selamat datang kepada Wasev dari Kodam IV/Diponegoro dan terima kasih atas segala arahan serta bimbingannya, untuk dijadikan bahan evaluasi dalam memberikan motivasi tentang pentingnya menjalankan PPKM Mikro dan tetap mematuhi protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19.

“Saya minta kepada kepala desa di seluruh kabupaten Banyumas untuk menghidupkan kembali Satgas Desa dengan tujuan melakukan pengawasan sampai tingkat bawah, sehingga angka penyebaran Covid‐19 di kabupaten Banyumas turun,” tegas Dandim.

"Saya akan perintahkan Babinsa jajaran Kodim 0701/Banyumas untuk segera memberikan pengetahuan kepada masyarakat di Desa binaan, bahwa dimasa pandemi Covid-19 ini agar seluruh rakyat Indonesia tetap patuhi protokol Kesehatan dengan 5M yaitu Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga Jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas," pungkas Dandim. (Jack,kabul)

 

redaksi

No comment

Leave a Response