Kodim Banjarnegara Adakan Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme Dan Separatisme

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA - Demi mengantisipasi paham radikalisme dan separatisme generasi muda, Kodim 0704/Banjarnegara menyelenggarakan Pembinaan Komunikasi Sosial Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme dengan tema  “merawat kebhinekaan untuk tangkal radikalisme dan separatisme dalam bingkai NKRI”. Kegiatan dibuka langsung oleh Dandim Banjarnegara Letkol Arh Sujeidi Faisal S.T., M.Han. di Tribun Jenderal Soedirman. Selasa (24/11/20).

Dandim 0704/Banjarnegara menyampaikan bahwa saat ini tidak henti hentinya isu tentang radikalisme dan separatisme tengah hangat diperbincangkan. Negara kita kata Dandim, juga terintegrasi terkait adanya paham radikalisme maupun separatisme. 

"Beberapa wilayah termasuk di Banjarnegara masih ada potensi seperti itu, oleh karena itu saya berharap dalam kegiatan ada satu pemahaman, satu koordinasi dan komunikasi untuk menyikapi hal terkait tentang separatisme dan radikalisme,"  ungkapnya.

Dikatakannya, radikalisme sudah ada sejak dulu, konflik juga sudah ada sejak manusia itu dilahirkan.  

"Radikalisme ada sejak kita berjuang memperebutkan kemerdekaan Republik Indonesia. Pahlawan kita dibilang radikal oleh penjajah. Kita punya pandangan hidup yaitu pancasila, negara kita sudah terbentuk sejak kemerdekaan, banyak juga kelompok kelompok yang ingin merubah pancasila dengan paham radikalisme, termasuk separatisme. Beberapa wilayah masih banyak yang ingin memisahkan dari negara kesatuan Republik Indonesia," jelasnya. 

Lanjut dandim, dalam pembinaan ada kalimat "merawat kebhinekaan untuk tangkal radikalisme dan separatisme dalam bingkai NKRI", perlu diketahui bahwa kebhinekaan adalah aset luar biasa yang dimiliki negara kita. 

"Di setiap negara punya keberagaman, punya perbedaan tidak ada satu negara yang hanya satu suku bangsa pasti ada keturunan. Indonesia itu luar biasa mulai dari Sabang sampai Merauke ada beragam suku bangsa, kebudayaan dan agama. Kalau kita kelola akan menjadi aset yang sangat luar biasa karena dengan keberagaman kita bisa kuat," Imbuhnya. (Pendimbna/Nusa).

 

redaksi

No comment

Leave a Response