Kodim 0704/Banjarnegara MoU Dengan STIE Tamansiswa

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA— Penandatanganan MOU antara Kodim 0704/Banjarnegara dengan Perguruan Tinggi STIE Tamansiswa Banjarnegara dilakukan langsung oleh Dandim 0704/Banjarnegara Letkol Arh Sujeidi Faisal, S.T., M.Han. dan Ketua STIE Tamansiswa Banjarnegara Lustono, S.Pd., M.M. Usai penandatanganan dilanjutkan Kuliah umum secara Virtual bertempat di Aula  STIE Tamansiswa Banjarnegara. Minggu (20/09).

Dalam sambutannya Dandim menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan jangan dipandang secara sempit karena Indonesia kaya keanekaragaman. Dalam memahami wawasan kebangsaaan kata Dandim, kita tidak lepas dengan cara pandang 4 pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, NKRI.

"Indonesia Mempunyai 4 Pilar Untuk menopang berbangsa dan bernegara. Ibarat kaki meja yang ditopang 4 kaki, kalau salah satu tidak ada kita bisa rasakan bagaimana timpangnya. Itu tanggung jawab kita antara TNI/Polri dan masyarakat, kita bertanggung jawab agar 4 pilar itu tetap kokoh, " jelas Dandim.

Lanjut Dandim, mahasiswa baru sebagai generasi muda adalah kekuatan kita. Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum yang ada di indonesia. Cita cita juga ada di Pancasila, yang sudah diluruskan oleh pendiri Bangsa Indonesia. 

"Kalau dilihat dari sejarahnya bangsa kita paling lama dijajah oleh bangsa lain yang ingin mencari kekayaan yang ada di Indonesia. Pemahaman tentang Pancasila, kebhinekaan, saat ini sudah mulai pudar, sehingga bisa dimanfaatkan oleh orang yang berkepentingan. Betapa pentingnya 4 pilar itu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila sebagai Pandangan hidup bagaimana moral kita, perilaku, semua sudah dituangkan oleh Pancasila, " kata Dandim.

 Lebih lanjut Dandim menyampaikan bahwa tugasnya untuk mengawasi, patroli dan pembinaan masyarakat untuk menegakkan disiplin. 

"Kalau kita tidak disiplin itu percuma. Saat ini kita harus sadar bahwa bencana yang sedang terjadi bukan Banjarnegara saja tapi Dunia. Untuk memutus mata rantai covid 19 sebaiknya kita harus mematuhi protokol kesehatan yakni rajin cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak”, imbuhnya.

Ketua STIE Tamansiswa Banjarnegara Lustono, S.Pd,M.M menyampaikan ucapan selamat datang kepada Komandan Kodim 0704/Banjarnegara dan mahasiswa baru. Menurutnya, PESMABA dilakukan secara virtual tidak seperti tahun sebelumnya, karena adanya pandemi covid 19.

"STIE Tamansiswa Banjarnegara sudah ter Akreditasi B, sehingga Dari Sisi Kelembagaan sudah sesuai dengan kebutuhan Pemerintah. Supaya masyarakat memahami  karena penilaian  perguruan tinggi saat ini bukanlah negeri swastanya tetapi dinilai dari sisi akreditasinya. Di negeri pun kalau belum terakreditasi juga bermasalah, apalagi sekarang Pemerintah sudah menggunakan penomoran ijazah nasional," ungkapnya.

"Dengan slogan STIE “Unggul Mandiri Humanis” meskipun dilaksanakan secara Virtual namun tetap semangat. Salah satu bentuk peningkatan kualitas yakni dengan membuka kerjasama dengan berbagai pihak, dan saat ini STIE bekerjasama Dengan Kodim 0704/Banjarnegara, ini untuk pertama kalinya, " pungkasnya. (Pendimbna/Nusa).

 

redaksi

No comment

Leave a Response