Koalisi Arab sebut Iran Persenjatai Milisi Houthi

 

Matamatanews.com, RIYADH—Juru bicara Koalisi Arab, Kolonel Turki bin saleh al-Maliki, mengatakan bahwa Senin pekan depan pihak koalisi akan menggelar konfrensi pers untuk mengungkap bukti baru keterlibatan Iran dalam penyelundupan rudal balistik dan senjata ke kelompok Houthi di Yaman.

Seperti dilaporkan Al Arabiya ,konfrensi yang akan dilaksanakan pada pukul 16.10 waktu setempat itu akan menunjukkan rudal balistik yang diselundupkan Iran ke milisi di Yaman secara detil. Tindakan Iran tersebut bukan saja mengancam keamanan regional dan internasional,tapi juga  menimbulkan kekacauan.

Sebenarnya pihak koalisi telah beberapakali menegaskan ke publik dan komunitas internasional bahwa Iran mempersenjatai milisi Houthi dan akan mengancam navigasi internasional maupun regional. Namun, Iran selalu mengelak dan membantah semua tuduhan telah mempersenjatai Houthi.

Duta Besar Amerika Serikat Nikki Haley bahkan pada Februari lalu pernah menyatakan bahwa Iran diduga mempersenjatai kelompok Houthi, namun Iran menyatakan bahwa semua tuduhan dan bukti yang dilontarkan Nikki Haley palsu. Padahal publik tahu bahwa 4 November lalu sebuah rudal ditembakkan ke bandara Riyadh dilakukan oleh Iran. (bar)

sam

No comment

Leave a Response