Keterlibatan Rusia dan Iran Di Aleppo Tuai Protes Warga Turki

 

Matamatanews.com, TURKI –Keterlibatan Rusia dan Iran dalam pengepungan kelompok pemberontak di Aleppo Timur, Suriah menuai protes dari sejumlah warga Turki. Sekitar 800 warga Turki turun ke jalan di ibu kota Turki, Ankara pada Kamis (15/12/2016).

Aksi dengan mengusung bendera kelompok oposisi Suriah serta menyuarakan “Aleppo ialah kegagalan dunia” di depan kantor Keduataan Besar Iran sambil menuju Kedubes Rusia. Hal ini dilakukan seiring dengan proses evakuasi ribuan warga sipil dan pemberontak Aleppo keluar dari wilayah yang sebelumnya mereka kuasai.

Menurut laporan yang dilansir AFP, para pengunjuk rasa juga mengusung papan yang bertuliskan, “Pembantaian di Aleppo, panggung sandiwara di PBB”.

Sejumlah analisis menilai keberhasilan militer Suriah, yang dibantu Rusia dan Milisi Syiah dari Iran serta Libanon, merupakan sebuah kegagalan kebijakan Amerika Serikat dan sekutunya. Termasuk Uni Eropa dan Turki di Timur Tengah.

Seiring dengan semakin sengitnya pertempuran memperebutkan Aleppo dalam beberapa pekan terakhir, aksi unjuk rasa terkait pertempuran di Aleppo telah digelar disejumlah kota di Eropa.

Sekitar 25 Organisasi bantuan kemanusiaan yang berfokus pada Suriah merilis pernyataan mengutuk komunitas internasional karena tinggal diam atas kekosongan dan kebangkrutan moral di Aleppo. Salah satu orgnisasi tersebut ialah Syirian American Medical Society, yang mendorong para pengamat independen dari PBB atau lembaga lainnya untuk hadir dalam upaya evakuasi warga sipil dari Aleppo. (Adith/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response