Kerjasama Sepak Bola Surabaya – Liverpool Memperkuat Hubungan Inggris-Indonesia

 

Matamatanews.com, SURABAYA -Tranmere Rovers memberikan kesempatan pelatihan yang luar biasa kepada pesepak bola muda berbakat Indonesia di Surabaya, sebagai bagian dari kerjasama Sister City Liverpool-Surabaya.

Upacara pembukaan akan dihadiri secara virtual oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste, Owen Jenkins, Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Desra Percaya, dan Walikota Surabaya, Eri Cahyadi pada 6 Oktober 2021 pukul 16:00 WIB.

Surabaya dan Liverpool memiliki banyak kesamaan. Keduanya merupakan kota pelabuhan, rumah bagi musisi legendaris, dan keduanya memiliki sejarah dan hasrat yang dalam terhadap sepak bola. Mereka menaungi tim-tim terkemuka seperti Persebaya FC, dan trio Merseyide dari Liverpool FC, Tranmere Rovers FC dan Everton. 

Saat penandatanganan nota kesepahaman  antara kedua Sister Cities berlangsung, di Surabaya pada 19 Maret 2018, sepak bola telah disorot sebagai bidang utama kerjasama ini. 

Sebagai hasil dari nota kesepahaman, beberapa program sepak bola telah dilaksanakan melalui Tranmere Rovers Football Club, yang berbasis di Wirral, Merseyside. 

Pada tahun 2018, tim elit U13-15 tahun asal Surabaya terpilih untuk mengikuti kamp sepak bola elit di kompleks pelatihan profesional Tranmere Rovers. Pelatihan ini memberikan para pemain akses baru ke klub sepak bola profesional Inggris, dengan menerima pelatihan dari pelatih akademi juara nasional TRFC melalui cara pembinaan yang modern, yang juga digunakan dalam sistem Tim Nasional Inggris. Para pemain juga menonton pertandingan profesional, dan juga merasakan budaya sepak bola Inggris.

Hasilnya sangatlah positif; para pemain berpartisipasi dalam program permainan yang disusun secara khusus, sembari mengembangkan keterampilan dan pengalaman mereka. Sekembalinya dari pelatihan tersebut, tiga pemain bergabung dengan tim elit Indonesia, termasuk Supriyadi dari Persebaya FC. Inisiatif seperti ini diharapkan dapat membuat Indonesia naik dalam peringkat FIFA, dan bersaing di piala dunia pada saatnya nanti.

Sebelum pandemi, pada tahun 2020, para pelatih TRFC berkunjung ke Surabaya untuk memberikan pelatihan bagi para pemain elit lainnya. Namun, program Inggris lainnya ditunda setelah virus corona melanda dunia.

Kini Tranmere menghadirkan program pengembangan sepak bola hybrid baru yang akan tetap dilaksanakan di tengah pandemi. Dimulai dengan seminar pendidikan online untuk para pelatih, yang diadakan mulai 6 Oktober selama beberapa minggu. Program ini akan diikuti oleh pelatihan in-house di Surabaya yang dipandu oleh pelatih akademi internasional TRFC, dan kamp pelatihan elit di Liverpool untuk U13-15 tahun Surabaya yang terpilih pada tahun 2022.

Kedutaan Besar Inggris Jakarta berkomitmen untuk terus mendukung hubungan Dewan Kota Liverpool dengan kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya. Sejak penandatanganan nota kesepahaman pada 19 Maret 2018, Liverpool dan Surabaya telah sepakat untuk mempromosikan dan mengembangkan kemitraan yang efektif dan saling menguntungkan di bawah Sister City Cooperation. Sejak itu, kedua kota telah berhasil membangun hubungan dinamis dengan hasil yang nyata.

Berdasarkan fondasi yang kuat serta kemitraan yang telah lama terjalin, mereka berkeinginan untuk meningkatkan kerjasama di masa mendatang. Surabaya mengakui nilai pentingnya sepak bola, tidak hanya untuk pengembangan tim elit, tetapi juga untuk peningkatan kapasitas SDM. Sepak bola turut menumbuhkan keterampilan seperti kerja tim, disiplin, rasa hormat, dan komunikasi. Sepak bola bukan hanya untuk rekreasi dan kesehatan, tetapi juga aktivitas yang menarik untuk membangun keterampilan hidup pada anak-anak dan remaja. 

Permainan yang indah akan membangun identitas dan rasa memiliki, serta membentuk persahabatan dan keterhubungan yang kuat dalam suatu komunitas. Hal-hal tersebut dapat menembus batas negara, dan memperdalam hubungan antara Kota Surabaya dan Liverpool melalui kecintaan mereka pada permainan ini.

Sesi pelatihan daring ini merupakan awal dari kolaborasi sepak bola baru yang berkembang di atas fondasi hubungan yang kuat antara Inggris dan Indonesia. 

Upacara pembukaan akan dihadiri secara virtual oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste, Owen Jenkins, Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Desra Percaya, dan Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, pada 6 Oktober 2021 pukul 16:00 WIB. Peserta yang diundang adalah para guru olahraga dan pelatih sepak bola se-Surabaya yang  berjumlah kurang lebih 300 orang.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, mengatakan,

depak bola adalah bahasa universal yang dimengerti oleh jutaan orang di seluruh dunia. Ketika sepak bola menyatukan dunia kata Owen, semua orang menang. 

"Hari ini adalah momen yang membanggakan bagi Liverpool dan pemerintah kota Surabaya, dimana mereka akan melaksanakan program menarik yang dapat meningkatkan hubungan antar masyarakat. Kemitraan Sister City, melalui kerja keras tim di Pemerintah Kota Surabaya, Dewan Kota Liverpool dan Kedutaan Besar Inggris Jakarta, telah menghasilkan inisiatif dan proyek hebat yang akan terus berkembang," kata Owen. 

"Saya mengucapkan selamat kepada kedua kota atas kelanjutan kemitraan-kemitraan yang visioner dan berharap langkah mereka akan menginspirasi daerah lain untuk membangun kerjasama antar kota dengan Inggris, untuk masa depan yang lebih baik bagi kedua negara," imbuhnya.

Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, mengatakan, sebagai Walikota Surabaya, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Tranmere Rovers FC dari Liverpool yang telah memberikan pelatihan kepada pemuda dan guru olahraga Surabaya tentang sains dan teknik sepak bola. 

"Dengan pelatihan yang diberikan, saya yakin Surabaya akan memiliki talenta sepak bola kelas dunia di masa depan. Semoga inisiatif ini dapat terus berlanjut sehingga Surabaya dapat menghasilkan pemain sepak bola internasional, dengan bimbingan dari Merseyside. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak. Sukses selalu untuk kita semua," kata Eri.

Sementara Ketua Tranmere Rovers FC, Mark Palios, mengatakan bahwa Tranmere Rovers FC memiliki pengalaman yang luas dalam bekerja di Asia dan memiliki hubungan dua arah yang sudah terjalin baik dengan Indonesia, yang dimulai di Surabaya. 

"Kami senang dapat memulai kembali program pengembangan sepakbola kami dengan Kota Surabaya, dan cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui pendidikan bagi para pelatih. Hal ini berarti pembinaan menggunakan model four-corner FA Inggris yang telah terbukti keberhasilannya, dapat terus diajarkan kepada para pemain muda dan berbakat di Surabaya,” ungkapnya. (A Hari S/hen)

redaksi

No comment

Leave a Response