Kepala Strategi Gedung Putih Akhirnya Dipecat Trump

 

Matamatanews.com, WASHINGTON—Akhirnya  Presiden  Amerika Serikat Donald Trump  resmi memecat Stave Bannon kepala strategi gedung putih, pada  Jum’at (18/8/2017) lalu. Pemecatan ini mengakhiri masa jabatan seorang pengusaha media konservatif yang fanatik dan aktivis politik yang merupakan basis kesayangan Trump.

Dengan dipecatnya Bannon semakin memperkuat dugaan adanya perpecahan di lingkungan internal Gedung Putih. "Kepala Staf Gedung Putih John Kelly dan Steve Bannon telah menyepakati bahwa ini adalah hari terakhir bagi Steve. Kami sangat berterima kasih atas pengabdiannya dan mendoakan yang terbaik," kata Sanders, seperti dikutip dari CNN, Sabtu (19/8/2017.

Sebelumnya,  Bannon memang iisukan akan menanggalkan jabatannya sebagai kepala strategi gedung Putih. Presiden Trump bahkan pekan lalu sempat dipertanyakan apakah Gedung putih akan mempertahankan Bannon beserta jabatannya. “Kita akan lihat,” kata Trump ketika itu.

Dua sumber Gedung Putih mengatakan kepada CNN, Bannon awalnya diberi opsi untuk mundur. Namun belakangan ia dipaksa keluar alias dipecat. Bannon merusak posisinya dengan memberikan sebuah wawancara dengan media liberal, American Prospect, minggu ini dimana dia terlihat meremehkan posisi Trump atas Korea Utara (Korut).

Bannon mengatakan kepada rekan kerjanya bahwa dia pikir dia sedang berbicara dengan seorang akademisi dan mengira dia tidak ada di sana. Dia telah memberi tahu teman-temannya bahwa dia bisa kembali ke media sayap kanan Breitbart News, yang dikepalainya sebelum dia mengambil alih jabatan sebagai kepala kampanye kepresidenan Trump pada bulan Agustus 2016. .

Bannon adalah tokoh yang menganjaurkan kebijakan larangan perjalanan dari negara-negara mayoritas Muslim yang diadopsi Trump. Dia merupakan figur yang mendorong diberlakukannya tarif tambahan pada Cina dan mitra dagang Amerika Serikat lainnya guna mengurangi defisit dengan sejumlah negara terkait. Dan kini keputusan telah dikeluarkan Trump, Steve Bannon akhirnya hengkan dari Gedung Putih ditengah hiruk-pikuk isi seputar perpecahan di Gedung Putih. (sam/berbagai sumber)

 

 

 

sam

No comment

Leave a Response