Kenali Kondisi Tenggorokan Anda Dengan Benar

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Tenggorokan yang kering sangatlah mengganggu aktivitas sehari-hari, berbicara saja rasanya cukup sakit. Kemudian, Tenggorokan kering sering kali disertai dengan rasa gatal bahkan rasa sakit pada tenggorokan.

Gejala tersebut termasuk gangguan pada tenggorokan dan mulut, kondisi tenggorokan kering  berkaitan dengan laringitis dan mulut kering.

Laringitis                                                                                                           

Kondisi ini merupakan peradangan pada pita suara karena pemakaian pita suara yang berlebihan atau terjadi infeksi. Kondisi seperti ini sering kali menimbulkan tenggorokan kering serta rasa gatal pada tenggorokan.

Laringitis sendiri ada dua jenis yang dibedakan berdasarkan waktu timbulnya gejala, laringitis jangka panjang (kronis) dapat disebabkan asap rokok, minuman keras, alergi bahkan iritasi asam lambung. Sementara itu, untuk laringitis jangka pendek (akut) dapat disebabkan oleh infeksi virus.

Untuk menangani masalah seperti ini dapat diberikan obat seperti kortikosteroid, untuk penanganan langsung dapat minum air, inhaler, berkumur dengan air garam.

Mulut Kering

Hal ini terjadi karena produksi air liur atau saliva berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali, kondisi ini biasa terjadi pada orang yang mengalami dehidrasi, kerusakan saraf di area kepala atau leher, mengidap penyakit tertentu, mengkonsumsi penyakit tertentu.

Untuk kondisi ini terdapat beberapa gejala antara lain mulut kering, rasa haus yang amat, tenggorokan kering, bibir pecah-pecah, luka di mulut, lidah terasa kasar dan kesulitan menguyah.

Adapun untuk mengatasinya dengan cara mengkonsumsi permen karet untuk meningkatkan saliva, minum air. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response