KEHEBATAN S-300 MILIK RUSIA

 

Matamatanews.com, JAKARTA— Rudal S-300 milik Rusia yang dikirim ke Tartus, Suriah menimbulkan kekhawatiran bagi AS dan mempertanyakan alasan Rusia mengirimkan system pertahanan rudal canggih miliknya ke Tartus. Kekhawatiran AS cukup beralasan, karena S-300 merupakan system pertahan rudal yang dimiliki oleh Rusia ini memiliki kemampuan untuk menyerang dari daratan ke udara.

Rudal ini juga mampu menjadikan setiap pesawat musuh serta peluru kendali yang ada menjadi targetnya. Bahkan S-300 dapat melacak beberapa target secara bersamaan sehingga rudal ini menjadi berbahaya bagi skuadron pesawat musuh yang melintas.

Rudal S-300 juga mempunyai kemampuan khusus yang bernama Cold Launch, yaitu kemampuan yang dapat menembakkan dua rudal secara vertikal selama 3 detik yang mempunyai kecepatan dan keakuratan yang sangat tinggi, sehingga setiap target yang ada dapat segera dihancurkan oleh rudal ini.  Rudal ini juga memiliki daya jelajah yang cukup mumpuni hingga 150 km dan mencapai ketinggian maksimal hingga 30 km.

Akan tetapi kehebatan rudal ini seakan tidak berdaya menghadapi pesawat  tempur AS yang menggunakan teknologi siluman. Meskipun begitu, pengiriman rudal ini membuat AS cukup khawatir terhadap hal yang dilakukan oleh Rusia tersebut. (Andro DP/Berbagai Sumber)

sam

No comment

Leave a Response