Kehadiran Kapal Cina Di Wilayah Sengketa Picu Keprihatinan Filipina

 

Matamatanews.com,FILIPINAKapal – kapal Cina di wilayah sengketa Laut Cina Selatan (LCS) memicu keprihatinan pemerintah Filipina. Kementrian Pertahanan Filipina meminta Cina untuk menjelaskan keberadaan kapal patroli mereka dekat Scarborough Shoal, gugusan pulau karang yang disengketakan di Laut Cina Selatan.

Menteri Pertahana Filipina, Delfin Lorenzana mengungkap, “ Pesawat Angkatan Udara Filipina melihat empat kapal penjaga pantai dan dua kapal tongkang Cina. Kehadiran mereka yang begitu banyak memicu keprihatinan serius.” kutip Inquirer minggu (4/9/2016).

Cina awal tahun ini mencoba membawa kapal tongkang pengeruk dalam upaya nyata mengubah Scarborough Shoal menjadi pulau buatan. “ Jika mereka mencoba membangun apa pun di sana, jelas akan menimbulkan efek yang lebih buruk bagi situasi keamanan.” ujar Lorenzana.

Scarborough Shoal merupakan wilayah yang kaya sumberdaya laut dan berada dalam zona ekonomi eksklusif Filipina. wilayah ini terletak 230 kilometer (650 mil) dari Luzon, pulau utama Filipina dan jarak dengan Cina sekitar 650 kilimeter.

Kementrian Luar Negeri Filipina telah menghubungi Duta besar Cina di Manila guna dimintai keterangan terkait aksi sepihaknya di Laut Cina Selatan. Namun Kedutaan Besar Cina belum dapat dihubungi utnuk memberikan komentar.

Filipina dan Cina sudah lama berebut wilayah ini, namun beberapa negara seperti Vietnam, Malaysia, Brunei Darussalam dan Taiwan memiliki klaim atas Laut Cina Selatan, dimana wilayah ini dapat menghasilkan nilai ekonomi lebih dari 5 triliun US Dolar per tahun pada sektor perdagangan. (Aditia/VIVA/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response