Kebocoran Dokumen Perjalanan ISIS Menuju Eropa

 

Matamatanews.com,PARIS---Perjalanan panjang para anggota ISIS menuju daratan Eropa terbilang matang dan terencana. Mereka menggunakan berbagai cara untuk memasuki berbagai negara di Eropa, misalnya dengan cara berbaur dengan para pengungsi. Dokumen yang berisikan 90 ribu halaman tentang rencana serangan ISIS berhasil terungkap oleh aparat Prancis. Setelah dilakukan penyelidikan usai serangan yang menewaskan 130 orang pada bulan November tahun lalu.

Operasi ini berhasil dibongkar setelah dua orang calon penyerang ISIS tertangkap. Mereka adalah Adel Haddadi warga Aljazair dan Muhammad Usman dari Pakistan. Setelah dilakukan interogasi, polisi mengetahui jalur perjalanan mereka dari Suriah dan rencana serangan di masa depan. Usman dan Haddadi merupakan mantan anggota Taliban Pakistan yang mahir merakit bom. Mereka satu kelompok dengan Ahmad al-Muhammad dan Mohamad al-Mahmod yang meledakan diri di luar Stadion Parc des Princes, Paris.

Dokumen ini menunjukan bahwa mereka melakukan komunikasi dengan Abu Ahmad, salah satu petinggi ISIS di Suriah.  Mereka berkomunikasi mengenai masalah transportasi, perlintasan perbatasan dan cara mendapat uang.

Kemudian mereka menyamar dan berbaur dengan para pengungsi yang kabur dari Suriah menuju Turki kemudian ke Yunani dan akhirnya sampai di Prancis. Haddadi dan Usman seharusnya ikut serta dalam pengeboman di Paris, namun mereka berdua tertahan di Yunani tersangkut masalah paspor palsu. Kemudian mereka di penjara selama satu bulan.

Menurut beberapa sumber, masih banyak anggota-anggota ISIS yang melakukan penyamaran sebagai pengungsi dari Suriah dan menunggu perintah untuk melakukan penyerangan. Selain itu masih banyak sekali para jihadis yang tertahan di Prancis, Belgia dan Jerman yang datang dengan rute dan tujuan yang sama. (Atep/CNN/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response