Kasus HIV/AIDS Di Ambon Kian Meningkat

 

Matamatanews.com, AMBON – Selama periode Januari – Desember 2016 kasus HIV/AIDS di kota Ambon mengalamai peningkatan, Dinas Kesehatan Kota Ambon mencatat sebanyak 202 kasus terjadi pada tahun ini. kepala Bidang Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit Menular Dinkes Ambon, Yusda Tuhara menyebutkan bahwa sebanyak 141 kasus HIV/AIDS terjadi pada tahun 2014, sedangkan untuk tahun 2015 tercatat sebanyak 89 kasus.

Dari 202 kasus yang terjadi pada tahun 2016, tercatat sebanyak 162 menderita HIV dan 40 orang menderita AIDS. Sedangkan untuk penderita laki-laki tercatat sebanyak 112 orang dan penderita perempuan sebanyak 90 orang.

Yusda mengklaim keberhasilan penyembuhan dan penanganan pada tahun ini jauh lebih baik meskipun jumlah penderitanya mengalami peningkatan. Keberhasilan tersebut di lihat dari jumlah penderita AIDS yang lebih sedikit di bandingkan dengan penderita HIV.

Ia menambahkan, Penyuluhan dan pembinaan terus dilakukan untuk mengurangi resiko menambahnya jumlah penderita. Selain itu, pengawasan terhadap tempat lokalisasi Tanjung Batu Merah dan tempat hiburan malam terus dilakukan.

Sebelumnya pengobatan terhadap penderita HIV/AIDS hanya dapat dilakukan pada lima kecamatan saja. Namun, sekarang tempat pengobatan bertambah menjadi 11 Puskesmas atau klinik IMS di Ambon. Adapun 11 Puskesmas tersebut antara lain Puskesmas Passo, Hative Kecil, Rijali, Karang Panjang, Puskesmas CH.M.Tiahahu, Waehaong, Air Salobar, Benteng, Amahusu dan Air Besar. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response