Kasus Covid Jawa Tengah Masih Tinggi Angkanya Brebes Dapat Penghargaan KIP

 

Matamatanews.com, BREBES—Kabupaten Brebes berhasil meraih penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Award 2020 pada kategori  Badan Publik Pemerintah Kabupaten/Kota ‘Menuju Informatif’ dengan nilai 95,6. Penghargaan tersebut diberikan oleh Komisi Informasi (KI) Provinsi Jawa Tengah pada Penganugrahan KIP Award 2020 yang dilaksanakan secara daring pada Rabu (16/12)

Dalam sambutannya Ketua Komisi Informasi Provinsi Jateng Drs. Sosiawan menyampaikan bahwa ada beberapa tahapan dalam pemeringkatan badan publik ini. Antara lain  penilaian website, pengisian SAQ, visitasi dan verifikasi data dan informasi serta uji publik yang dipresentasikan oleh pimpinan badan publik. “Sedangkan untuk penganugrahannya, memang dilakukan secara daring, mengingat saat ini kita masih dalam kondisi pandemic covid 19.” Ujarnya.

Dalam sambutannya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa pelayanan informasi khususnya yang berkaitan dengan covid 19 memang harus dibuka seluas-luasnya pada masyarkat. Ganjar menyampaikan “jujur saja, jika Jawa Tengah saat ini masih tinggi angkanya. Dan akan terus bertambah jika, kita semua tidak secara bersama-sama berusaha melakukan pencegahan. Antara lain dengan penyelenggaraan acara secara daring seperti ini. Di sisi lain, jajaran OPD Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota saya pesan untuk terus meningkatkan kualitas layanan informasinya. Mari pertahankan Jawa Tengah sebagai Provinsi paling informatif di Indonesia.”

Mendapat peringkat menuju Informatif ditanggapi kebahagiaan oleh Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE MH. “Alhamdulillah tahun ini Pemerintah Kabupaten Brebes Meraih KIP Award 2020 kategori Menuju Informatif” ujar Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti seusai mengikuti daring  pada acara Penganugrahan KIP Award 2020.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua jajaran terkait yang telah mendukung tercapainya Kabupaten Brebes sebagai Kabupaten Informatif. Dan tentunya penghargaan ini menjadi penyemangat agar Kabupaten Brebes dapat mempertahankan bahkan dapat lebih baik meraih Kategori Informatif di tahun mendatang.” tambahnya.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Brebes, Drs. Tatag Koes Adianto, M.Si mengatakan Penganugerahan KIP Award merupakan agenda rutin KI Provinsi Jawa Tengah. Malam penganugerahan tersebut dilaksanakan guna memetakan sejauh mana badan publik yang ada di Provinsi Jawa Tengah dalam mengimplementasikan Keterbukaan Informasi Publik.

“Dan juga seperti yang disampaikan Ketua KI Provinsi Jawa Tengah dimana mereka ingin melihat tata kelola keterbukaan informasi publik yang telah dilakukan baik di berbagai badan publik,” kata Tatag.

Menurutnya, pada penganugrahan KIP Award kata kuncinya yakni komitmen, semangat bagaimana membangun keterbukaan informasi publik.

Keterbukaan informasi publik merupakan salah satu dari bentuk pelayanan publik sehingga masyarakat luas dapat mengetahui segala sesuatu melalui informasi publik.

Sementara itu PPID Utama Kabupaten Brebes Lusiana Indira Isni, S.Sos, M.IKom menyampaikan rencana penyelenggaraan Pemeringkatan Badan Publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes pada 2021 mendatang “Harapan kami, pemeringkatan ini dapat mendorong badan publik yakni OPD se-Kabupaten Brebes untuk memberikan keterbukaan informasi bagi masyarakat.”(Ws/ Purwanto)

 

redaksi

No comment

Leave a Response