Kapolri Minta Cagub dan Cawagub Bersaing Sehat

 

Matamatanews.com.JAKARTA—Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta kepada calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI untuk bersaing sehat dan tidak menghalalkan segala cara dalam Pilkada serentak 2017 mendatang.

“ Pilkada DKI saya minta cuma satu. Kepada pasangan calon, timses pendukung, saya minta laksanakan demokrasi sesuai dengan aturan. Tentunya semua berharap ingin menang, tapi tidak dengan menghalalkan segala cara.” tegas Tito, di Mapolda Metro Jaya, Senin (26/9/2016).

Ia juga meminta kepada masing – masing calon dan para pendukungnya untuk menjaga stabilitas keamanan dan tidak menggunakan kekerasan dalam pesta demokrasi. “ Karena ini pesta demokrasi bukan pesta kekerasan, maka jangan sampai ada kekerasan.” tuturnya.

Tito juga meminta kepada lembaga pengawas pemilu (Panwaslu), KPUD dan jajarannya untuk bersikap netral. Ia juga menekankan kepada seluruh anggota kepolisian tidak memihak kepada pasangan calon mana pun.

“ Kepolisian juga, teman – teman sampai ke bawah juga netral untuk mengawal pesta demokrasi.” lanjut Tito. Media masa juga dihimbau untuk tidak menyampaikan berita yang memicu timbulnya provokasi di masyarakat.

“ Jangan juga bersifat provokatif yang membuat masyarakat terbawa emosi. Kepada pengawas independen, saya minta betul – betul untuk ikut memonitor, memantau dan juga tokoh – tokoh masyarakat, ormsa semua harus membuat semacam kesepakatan untuk mendukung berlangsungnya pemilu di Jakarta yang aman, tertib, damai dan demokratis.” ujar Tito. (adith/Berbagai sumber)

 

sam

No comment

Leave a Response