Kapal Induk AS Mulai Beroperasi Di Laut Cina Selatan

 

Matamatanews.com, JAKARTA – USS Carl Vinson yang merupakan salah satu kapal induk milik Amerika Serikat, mulai di operasikan di Laut Cina Selatan. Kapal induk tersebut dilengkapi dengan armada perang lainnya.

Kapal induk USS Carl Vinson sendiri terakhir kali terlihat di Laut Cina Selatan sekitar dua tahun lalu saat melakukan latihan bersama dengan Angkatan Laut dan Udara Malaysia.

Kapal tersebut beroperasi beberapa hari setelah Kementerian Luar Negeri Cina memberikan peringatan kepada AS untuk tidak melakukan penentangan terhadap kedaulatan Cina di Laut Cina Selatan.

Juru Bicara Kemenlu Cina, Geng Shuang mengatakan, “kami mendesak AS untuk tidak mengambil tindakan apapun yang menentang kedaulatan dan keamanan Cina".

Seperti yang diketahui, Cina telah mengklaim sejumlah pulau, karang serta terumbu yang berada di wilayah Laut Cina Selatan. Selain itu, Cina melakukan reklamasi terhadap sejumlah terumbu untuk dijadikan pulau yang lengkap dengan pelabuhan dan landasan udara.

Namun aksi tersebut membuat Negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara mengecam aksi dari Negara Cina. Mereka juga mengaku mempunyai hak atas pulau-pulau dan unsur lainnya yang berada di wilayah Laut Cina Selatan. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response