KAFH Unsoed Sukses Gelar Rapat Kerja Tahun 2021

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO -Keluarga Alumni Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman (KAFH Unsoed) terus berkarya meski Pandemi Covid-19 masih berlangsung di tahun 2021 ini. Puluhan pengurus KAFH Unsoed menggelar Rapat Kerja (Raker) bertema "Kolaborasi Penguatan Kelembagaan dan Program Kerja", Sabtu siang, (20/03/2021) bertempat di Ballroom Krishna, Java Heritage Hotel, Purwokerto, Jawa Tengah. Koordinator Sistem Informasi Unsoed Ir.Alief Einstein,M.Hum mengungkapkan bahwa para pengurus ini berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kabid Humas KAFH Unsoed Zaky Al Hamzah mengatakan bahwa Panitia Raker memastikan pelaksanaan acara ini menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat.

Sementara menurut Ketua Panitia Raker KAFH Unsoed, Hj.Imarotun Noor Hayati,SH., acara rapat kerja ini merupakan rapat kerja tahunan yang bertujuan untuk menyusun program kerja satu tahun ke depan. 

“Rapat kerja ini didahului pertemuan secara daring yaitu pembahasan Pra Rapat Kerja,” ujar Imarotun yang juga Sekjen KAFH Unsoed ini. 

Acara Pra Raker kata Imarotun, digelar pada Senin, 15 Maret 2021 dan dilaksanakan secara virtual.

1. Tiga Dharma Bakti

Ketua Umum KAFH Unsoed, Dr.Ma’ruf Cahyono,SH.,MH, mengungkapkan bahwa ada tiga pilar yang setidaknya menjadi tugas alumni yaitu Dharma Bakti untuk alumni, Dharma Bakti untuk almamater, dan Dharma Bakti untuk masyarakat bangsa dan negara. 

“Kita bersama-sama saling mengapresiasi dan mendukung untuk program kerja yang memberikan manfaat,” papar Ma’ruf, yang juga menjabat Sekjen MPR RI ini. 

Ma’ruf, Alumni Angkatan 1986 FH Unsoed ini berharap ajang Rapat Kerja ini dapat menghasilkan program kerja yang dapat bermanfaat bagi bangsa.

Zaky menjelaskan bahwa Rapat Kerja ini merupakan raker pertama dari Kepengurusan KAFH Unsoed masa bakti 2020-2025. Ma’ruf Cahyono terpilih menjadi Ketum pada Munas KAFH Tahun 2020 lalu. Raker tahun 2021 ini dihadiri oleh perwakilan pengurus dari 11 Departemen. Acara Raker diawali dengan persidangan untuk membahas dan menetapkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KAFH Unsoed. 

"Beberapa hal penting terkait pembahasan AD/ART disepakati secara aklamasi oleh para peserta rapat kerja. Setelah agenda pembahasan AD/ART, persidangan kedua dilanjutkan dengan pembahasan Program Kerja (Proker) yang telah diajukan oleh masing-masing departemen.  Setelah disepakati dalam rapat kerja ini, Program Kerja ditetapkan dan disahkan oleh Ketua Umum KAFH dan akan dibukukan untuk dibagikan kepada semua departemen sebagai acuan program kerja selama satu tahun ke depan," jelas Zaky.

2. Kontribusi Alumni

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Unsoed, Prof.Dr.Ade Maman Suherman,SH.,MSc. mengungkapkan apresiasi dan dukungannya terhadap KAFH Unsoed yang terus berkontribusi bagi almamater. Prof.Ade Maman menyampaikan perkembangan Fakultas Hukum Unsoed kepada para peserta rapat kerja. 

“Saat ini Fakultas Hukum sedang dalam proses untuk pengajuan akreditasi internasional,” ungkap Ade, yang juga Alumni Angkatan 1986 FH Unsoed ini.

Selain pengesahan AD/ART dan Program Kerja lanjut Zaky, dalam rapat kerja ini juga disosialisasikan bahwa Keluarga Alumni Fakultas Hukum Unsoed telah membentuk yayasan yaitu Yayasan Yustitia Soedirman.  Kehadiran yayasan ini diharapkan mengakomodir kiprah alumni Fakultas Hukum agar semakin lebih luas dan semakin nyata bagi masyarakat, termasuk bagi Indonesia. (Hen)

redaksi

No comment

Leave a Response