KAFH Unsoed Sukses Gelar Bakti Sosial 3 Desa Di Kecamatan Sumbang

 

Matamatanews.com, BANYUMAS -Keluarga Alumni Fakultas Hukum (KAFH) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, menggelar bakti sosial dengan melibatkan 600 masyarakat yang berasal dari tiga desa di Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Tidak hanya pembagian sembako saja, dalam kegiatan tersebut mereka juga membuka layanan konsultasi dan bantuan hukum, serta berbagai layanan kesehatan, bekerjasama dengan pemerintah desa dan kecamatan setempat. 

"Acara digelar di Balai Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas Sabtu 19 Maret 2023," ungkap Sekretaris Jenderal Keluarga Alumni Fakultas Hukum (KAFH) Unsoed Imarotun Noor Hayati,SH. kepada Humas Pengurus Pusat Keluarga Alumni Unsoed Ir.Alief Einstein,M.Hum.

Acara tersebut juga dihadiri Ketua Umum KAFH Unsoed yang juga SekJen MPR RI Prof.Dr.Ma’ruf Cahyono,SH.,MH. 

Prof.Dr.Ma'ruf menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja alumni Fakultas Hukum Unsoed yang difokuskan untuk membantu masyarakat Kabupaten Banyumas, terutama masyarakat kurang mampu atau ekonomi menengah ke bawah.

Sementara Imarotun Noor Hayati,SH. mengatakan banyak program yang dilakukan dalam bakti sosial tersebut kaitannya untuk mendukung tri darma perguruan tinggi. Salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk bantuan sembako, layanan kesehatan, layanan KB di Puskesmas Sumbang 2.

"Dengan kegiatan yang dilakukan KAFH ini bukan hanya bantuan terkait fisik saja, namun diharapkan juga, bisa memberikan pemahaman tentang hukum dan semua hal yang terkait dengan bantuan hukum," jelas Imarotun Noor Hayati,SH.

Jumlah penerima bantuan dalam acara tersebut kata Imarotun mencapai 600 orang, 300 dari Desa Limpakuwus, 150 dari Desa Kotayasa, dan 150 dari Desa Sikapat.

Imarotun yang juga Notaris di Kabupaten Banyumas ini mengatakan, jika menjelang bulan Ramadhan, Keluarga Alumni Fakultas Hukum Unsoed, Purwokerto mengadakan Bakti Sosial (baksos) dengan membagikan paket sembako gratis sebanyak  2.048 paket  dibagi beberapa tahap yaitu : Tahap pertama di Desa Limpakuwus sebanyak 700 paket. Tahap ke 2 masyarakat Gunung Tugel Kedung Randu, dan sekitarnya. Serta tahap ke 3 masih di survai oleh tim bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Panitia juga menjual baju bagus pakai dengan harga sangat murah yaitu lima (5) ribu rupiah, dimana hasil penjualan seluruhnya akan dipergunakan untuk kepentingan sosial  antara lain disumbangkan ke mushola di daerah tempat bakti sosial," kata Imarotun Noor Hayati,SH.

Kegiatan ini menurutnya, selain menjadi salah satu program kerja Keluarga Alumni Fakultas Hukum Unsoed juga  sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama masyarakat yang membutuhkan.

Imarotun Noor Hayati,SH. menambahkan, baksos tahun 2023 ini mengambil tema "KAFH Peduli, KAFH  Berbagi Mengabdi Dengan Aksi Bergerak Dengan Hati." (Hen)

 

redaksi

No comment

Leave a Response